HEADLINE

JK: Dana Talangan Lapindo Cair Bulan Depan

"Setelah itu Lapindo fokus kembalikan uang kepada Pemerintah. "

Khusnul Khotimah

Wapres Jusuf Kalla (Foto: Antara)
Wapres Jusuf Kalla (Foto: Antara)

KBR, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla memastikan dana talangan Pemerintah untuk PT Lapindo Brantas bakal cair bulan depan. 

Kalla mengatakan dana itu akan menyelesaikan utang Lapindo kepada masyarakat yang terdampak lumpur. Setelah itu, Lapindo akan fokus untuk mengembalikan dana talangan itu kepada pemerintah.

“Ini kan Lapindo jual beli. Karena ketidakmampuan Lapindo dalam transaksi itu maka pemerintah memutuskan untuk menangani demi kepentingan rakyat. Tapi dengan cara memberikan pinjaman kepada Lapindo. Untuk dibayarkan ke rakyat nanti Lapindo bayar kembali pada waktunya ke negara, “kata Wakil Presiden Jusuf Kalla di Mako Paspampres Jakarta hari ini, Jumat (29/5/2015). 

DPR telah menyetujui alokasi anggaran talangan sebesar Rp 781 miliar kepada Lapindo dalam UU APBNP 2015. Dari hasil audit BPKP, dana talangan itu harus ditambah lagi sehingga menjadi Rp 827 miliar. Penyebabnya antara lain karena aset yang dijadikan jaminan menyusut.Hingga kini masih ada 3 ribu korban lumpur Lapindo yang masih menunggu haknya dibayarkan.  

Editor: Citra Dyah Prastuti 

  • lapindo
  • dana talangan lapindo
  • Korban Lumpur Lapindo

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!