HEADLINE

Jawab Wapres, BI Rate Bakal Ditentukan Dua Pekan Lagi

"Bank Indonesia bakal menentukan besaran suku bunga acuannya dalam Rapat Dewan Gubernur, dua pekan mendatang."

Bambang Hari

Jawab Wapres, BI Rate Bakal Ditentukan Dua Pekan Lagi
Seorang petugas melintas di areal perkantoran Bank Indonesia (BI), Jakarta. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Bank Indonesia bakal menentukan besaran suku bunga acuannya dalam Rapat Dewan Gubernur, dua pekan mendatang. Juru bicara BI Peter Jacobs mengatakan, penentuan besaran suku buka dipengaruhi oleh berbagai indikator, baik dari dalam maupun luar negeri. Semisal pertumbuhan ekonomi.

"Tanggal 19 Mei nanti akan ada Rapat Dewan Gubernur. Nanti dalam rapat itu semuanya akan dilihat kembali. Khususnya keputusan untuk apakah akan menurunkan, menaikkan, atau tetap. Indikator yang perlu dilihat banyak. Kalau dari faktor domestik biasanya mengacu pada pertumbuhan ekonomi dam inflasi," ujarnya saat dihubungi KBR, Kamis (07/05).


Ia menambahkan, untuk indikator dari luar negeri, pihaknya perlu melihat beberapa aspek yang meliputi indikator current account di Sydney, normalisasi suku buka di Amerika Serikat, serta perkembangan ekonomi di Eropa.


Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Bank Indonesia (BI) untuk perlahan-lahan menurunkan suku bunga acuannya (BI Rate) yang saat ini masih bertengger di level 7,5 persen. Pasalnya, di tengah kondisi perekonomian Indonesia yang melemah, pemerintah sangat mengandalkan investasi dengan suku bunga yang rendah sebagai motor penggerak ekonomi. 

Editor: Dimas Rizky

  • ekonomi
  • Keuangan
  • bank indonesia
  • Suku Bunga BI

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!