HEADLINE

Imigran Sakit, IOM Rekomendasikan Direlokasi

Kondisi Pengungsi Rohingya/ Foto: Antara

KBR, Jakarta- Ratusan pengungsi asing di Aceh terserang diare dan dehidrasi. Organisasi Internasional untuk Migrasi IOM mengatakan, kondisi tersebut mengharuskan para pengungsi direlokasi. Kepala Misi IOM di Indonesia Mark Getchel mengatakan, tempat penampungan saat ini yaitu gedung olah raga sudah tidak layak ditempati oleh hampir 500 pengungsi.

"Alasan mengapa mereka sampai terdampar ke luar dari negara mereka adalah pertanyaan terbesar yang ditanyakan oleh pemerintah dan juga lebih penting lagi oleh perserikatan Bangsa-Bangsa jika mereka ingin diberikan status pengungsi. Itupun jika mereka benar-benar ingin diberikan status pengungsi, tapi kita belum sampai kepada kesimpulan itu,"  kata Mark dalam wawancara bersama KBR (13/5/2015).

"Yang terpenting adalah saat ini adalah membuat mereka aman dan nyaman dengan kondisinya. memastikan mereka tidak ada masalah kesehatan, dan hari ini kita akan pindahkan ke tempat dengan fasilitas lebih baik," tambahnya lagi.


Mark mengaku telah menemukan lokasi yang tepat untuk para pengungsi. Lokasi itu berjarak sekira 12 kilometer dari Lhokseumawe. Lokasinya dekat dengan Puskesmas serta memudahkan PLN setempat dalam mendapat pasokan listrik dan air. Selama ini IOM melihat kerja Pemerintah Indonesia sudah bagus dalam menangani para pengungsi itu. Karena bukanlah hal mudah menerima pengungsi secara mendadak sebanyak itu.

Editor: Dimas Rizky

  • imigran
  • Rohingya
  • terdampar
  • Aceh Utara

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!