HEADLINE

Tekan Kasus Covid-19 Kunci Ekonomi Melesat di Kuartal II 2021

""Ekonomi sudah hampir menuju pada posisi normal. Sehingga target kita secara nasional di tahun 2021 ini target pertumbuhan kita 4,5 hingga 5,5% itu bisa kita capai," ujar Presiden Jokowi."

Resky Novianto

Tekan Kasus Covid-19 Kunci Ekonomi Melesat di Kuartal II 2021
Presiden Joko Widodo tegaskan kunci melesatnya ekonomi nasional kuartal II 2021 adalah menekan kasus COVID-19. (Foto: antaranews)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo menargetkan ekonomi Indonesia di kuartal II 2021 bisa melesat hingga 7 persen. Namun, menurutnya, target itu bisa tercapai bila penularan COVID-19 mampu terus ditekan. Selain itu, roda ekonomi di kuartal II diharapkan terbantu dengan adanya geliat perputaran uang saat hari raya Idulfitri nanti.

"Kalau kita bisa menekan Covid-nya, tanpa membuat guncangan di ekonomi inilah keberhasilan, dan target kita kurang lebih 7 persen harus tercapai. Kalau itu bisa tercapai, Insya Allah kita pada kuartal berikutnya akan lebih memudahkan," ujar Jokowi dalam Siaran Pers di Kanal Youtube Sekretariat Presiden RI, Kamis (29/4/2021).

Presiden mengatakan, ekonomi Indonesia sudah hampir normal. Menurutnya pemulihan ekonomi berkaitan erat dengan upaya penekanan laju penyebaran virus COVID-19 secara harian. Dia pun meyakini proses pemulihan ekonomi Indonesia berjalan dengan baik.

"Bulan Maret-April ini sudah kelihatan, ekonomi sudah hampir menuju pada posisi normal. Sehingga target kita secara nasional di tahun 2021 ini target pertumbuhan kita 4,5 hingga 5,5% itu bisa kita capai," tutur Presiden.

Jokowi menjelaskan alasan optimisme terhadap ekonomi Indonesia, yakni tercermin dari Purchasing Managers Index (PMI) yang berada di level 53,2 atau naik sebelum pandemi berada di angka 51. Sementara itu, impor barang modal juga tumbuh 33,7 persen. Menurutnya, geliat produksi di tanah air terus meningkat.

"Kemudian konsumsi listrik sudah terjadi pertumbuhan. Konsumsi listrik. Sudah berada di angka naik yang bisa negatif, negatif, negatif, ini sudah naik kurang lebih 3,3 persen. Baik itu di industri, di rumah tangga, di pemerintahan, semuanya konsumsinya naik. Ini juga patut kita syukuri," pungkasnya.

Editor: Fadli Gaper

  • ekonomi nasional
  • kuartal II 2021
  • COVID-19

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!