covid-19

Seluruh Awak Meninggal, TNI Upayakan Angkat KRI Nanggala-402

"Diangkatnya itu tidak sekadar diangkat tentu juga untuk investigasi menyeluruh karena kita juga masih memiliki kapal selam yang sejenis KRI Cakra dan kapal lainnya."

BERITA | NASIONAL

Senin, 26 Apr 2021 07:55 WIB

Author

Heru Haetami

Seluruh Awak Meninggal, TNI Upayakan Angkat KRI Nanggala-402

Bagian KRI Nanggala 402 hasil citra ROV MV Swift Rescue saat konpers di Lanud I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu (25/4). (Antara/Fikri Yusuf)

KBR, Jakarta-  Panglima TNI Hadi Tjahjanto menyatakan seluruh awak kapal selam KRI Nanggala-402 yang tenggelam di perairan Bali meninggal dunia.

"Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awak telah gugur. Oleh karena itu selaku Panglima TNI saya nyatakan bahwa 53 personil yang onboard KRI Nanggala-402 telah gugur," kata Hadi saat konferensi pers, Minggu (24/4/2021)

Berdasarkan hasil citra bawah air secara visual menggunakan kamera, Hadi memaparkan, bagian dari kapal selam seperti jangkar, vertikal belakang, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul dan bagian kapal lainnya termasuk baju keselamatan awak telah ditemukan.

Selanjutnya, Hadi memastikan bangkai kapal akan diangkat guna kepentingan investigasi mendalam.

"Diangkatnya itu tidak sekadar diangkat tentu juga untuk investigasi menyeluruh karena kita juga masih memiliki kapal selam yang sejenis KRI Cakra dan kapal lainnya. Harapan kita dengan investigasi tidak terjadi kejadian seperti ini di masa yang akan datang," katanya

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Siapkan Pembelajaran Tatap Muka Digelar?

Kabar Baru Jam 8

Wisata Sehat di Tengah Pandemi

Desa Wisata Tak Kehilangan Pesona