BERITA

Indef Minta Masyarakat Tak Takut Simpan Uang di Bank

"pemerintah memiliki aturan yang menjamin akan membantu bank, agar tidak gugur dan merugikan masyarakat"

Astri Septiani

Indef Minta Masyarakat Tak Takut Simpan Uang di Bank
ilustrasi

KBR, Jakarta- lembaga kajian Ekonomi, Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menyebut masyarakat tak perlu takut menyimpan uangnya di bank, di tengah pandemi Covid-19. 

Ekonom Senior Indef, Aviliani mengatakan pemerintah memiliki aturan yang menjamin akan membantu bank, agar tidak gugur dan merugikan masyarakat. 

Ia menyebut kepanikan masyarakat dengan menarik uangnya karena khawatir dengan situasi sekarang, malah dapat berdampak buruk terhadap sistem moneter.

"Kalau saya punya uang ya saya biarin aja di bank Karena pemerintah pasti dalam kondisi seperti ini akan menjamin. Karena bahaya juga kalau uang keluar dari sistem  perbankan kan akan mempengaruhi sistem moneter juga. Itu biasanya ekonominya malah goyah. Justru yang diharapkan adalah makanya kenapa BI (Bank Indonesia) setiap hari memberikn statement ekonomi hari ini, besok seperti apa nah itu supaya masyarakat tidak terlalu panik dengan kondisi kita. Karena dengan kepanikan masyarakat justru membahayakan," kata Aviliani saat diskusi di Instagram Indef (10/4/20).

Aviliani menambahkan, kepanikan justru berdampak buruk terhadap perekonomian ditengah dituasi seperti ini. 

Contohnya, kata dia, memborong bahan kebutuhan berlebihan justru akan membuat harga kebutuhan di pasar naik tinggi. 

Ia juga menyebut masyarakat bisa membelanjakan uangnya untuk membeli saham yang sekiranya punya prospek bagus karena harganya lebih murah dan bisa dijadikan investasi jangka panjang. 

Aviliani menambahkan, pemerintah juga harus punya strategi untuk menangani dampak Covid-19 baik dari sektor riil dan keuangan supaya pemulihan ekonomi bisa lebih cepat.

Editor: Kurniati Syahdan

 

  • pandemi covid-19
  • COVID-19
  • Bank Indonesia
  • bank
  • uang
  • moneter
  • indef

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!