OPINI

Mendukung Pancasila

ilustrasi: Mendukung Pancasila

Sejumlah ormas di Cilacap, Jawa Tengah, rupanya sudah gerah dengan ormas yang mengusung gerakan khilafah atau paham yang bertentangan dengan Pancasila. Selain menggelar Apel Siaga Pancasila, hari ini mereka akan mengirim surat kepada Presiden Joko Widodo, sejumlah kementerian dan DPR. Isinya, mendesak pemerintah untuk berbuat banyak, mencegah kampanye paham yang justru bertentangan dengan dasar negara kita. 

Cilacap hanya satu kota di Jawa Tengah. Riak seperti ini harus digaungkan terus oleh daerah lain. Ini penting supaya mayoritas masyarakat yang mendukung Pancasila tak tenggelam suaranya. Yang lebih sering terjadi justru 'silent majority' atau kelompok kebanyakan yang memilih diam. Sikap diam ini yang seringkali berbalik - membuat kelompok kecil yang tak setuju dengan Pancasila justru terdengar lebih keras. 

Akhir pekan lalu, Syafii Maarif menyebut kita tidak boleh kalah dengan 'teologi maut'. Menurut Buya Syafii, paham ini menyiratkan berani mati, karena tidak berani hidup. Ada dikotomi antara 'kita' dan 'mereka', di mana seolah-olah kelompok selain 'kita' adalah haram. Pesan penting yang disampaikan adalah Negara tidak boleh kalah atas gagasan kekerasan semacam ini. 

Kapolri Tito Karnavian juga meminta supaya publik bersuara. Menurut Kapolri, dukungan dari publik atas tindakan tegas polisi sesuai aturan hukum juga penting. Aturan hukum sudah jelas, dasar negara kita masih tetap Pancasila. Artinya, ini juga yang jadi pegangan aparat dalam bertindak. Dan ini butuh dukungan dari publik. 

Pancasila rumah kita, begitu lirik lagu karya Franky Sahilatua. Gerakan radikal tak membawa faedah karena justru berpotensi memecah belah. Pancasila merekatkan perbedaan-perbedaan masyarakat Indonesia, sembari terus merayakan keberagaman kita. 

  • gerakan khilafah
  • ormas radikal
  • pancasila
  • cilacap
  • buya syafii maarif
  • Kapolri Tito Karnavian

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!