HEADLINE

Puluhan Penghuni Penjara Cirebon Ikuti UN

Puluhan Penghuni Penjara Cirebon Ikuti UN

KBR, Cirebon- Sebanyak 21 narapidana yang berada di penjara Kelas I Kesambi Cirebon, mengikuti ujian paket C yang diselenggarakan berbarengan dengan Ujian Nasional (UN). kata Kabid Pembinaan Narapidana  Djoko Sunarno, jumlah peserta meningkat dari tahun lalu. Tahun lalu jumlah peserta mencapai  15 orang. 

Ia menuturkan untuk perbedaan UN paket C dengan yang umum itu pada waktu pelaksanaannya. Pelaksanaan UN paket C di penjara diselenggarakan pada jam 13.30 WIB.

"UN yang paket C ini hanya berbeda waktu pelaksanaannya, kalau UN di sekolah biasa itu pagi tapi paket C pelaksanaannya siang yaitu dimulai jam 13.30 WIB," tutur   Kabid Pembinaan Narapidana Lapas Kelas I Kota Cirebon Djoko Sunarno, Senin (4/4). 

Pantauan KBR peserta nampak serius mengisi lembar jawaban UN dan soal yang sudah dibagikan pengawas dari Dinas Pendidikan.

Dalam persiapan pelaksanaan UN paket C ini, penjara  bekerjasama dengan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Nurjadi di Kecamatan Kesambi Kota Cirebon.

"Kalau di PKBM Nurjati khusus sekolah saja. Untuk yang non formal kami beri bimbingan khusus di lapas, seperti tenun, jahit bola, pembuat jaring, anyam rotan, keset, souvenir, lukisan kaca bekerjasama dengan perusahaan atau UKM yang sukses," ujar dia. 

Djoko merasa bangga, sebab masih ada semangat para napi untuk menempuh pendidikan meskipun  tengah menjalani hukuman.

Kata Djoko  peserta UN Paket C ini berusia 20 sampai 35 tahun, dengan latar belakang kasus yang bervariasi. Mulai dari perampokan, kekerasan terhadap, anak, perkelahian, pembunuhan.

"Hukuman pidananya juga bermacam dari 5 tahun sampai 20 tahun. Untuk ijazah tetap yang mengeluarkan adalah Dinas Pendidikan," katanya.

Ia mengatakan dalam menjalani masa hukuman, pihaknya juga mewajibkan tahanan untuk menempuh pendidikan, baik formal maupun non formal. 

"Mereka yang putus sekolah karena kasus pidana kami fasilitasi di lapas dengan paket C sesuai raport terakhirnya," ujarnya.


Editor: Rony Sitanggang 

  • Ujian Nasional 2016
  • Ujian Paket C
  • #un2016
  • Kabid Pembinaan Narapidana Lapas Kelas I Kota Cirebon Djoko Sunarno

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!