HEADLINE

Didemo, Gereja di Buah Batu Tak Akan Setop Ibadah

Didemo, Gereja di Buah Batu Tak Akan Setop Ibadah

KBR, Jakarta - Pendeta Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Bandung Timur, Sura Purba Saputra mengatakan pihaknya akan tetap beribadah meski hari ini sempat didemo saat peresmian gereja. Ia mengatakan, peresmian gereja hari ini rencananya akan dihadiri Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Menurutnya Ridwan Kamil sudah memberikan konfirmasi kehadiran melalui sekretaris pribadinya. Namun, peresmian harus dibatalkan karena ada pendemo yang disebutnya tidak memiliki izin untuk membatalkan acara peresmian tersebut.

"Kalau kita berhenti (beribadah-red) kan berarti kita takut. Padahal kita punya ijin resmi. Dan kenapa kita harus takut kalau punya ijin resmi. Kemarin Jumat Agung juga ada isu bom di sana. Tapi umat kita tidak takut lagi dengan teror macam itu. tadi kepolisian menyuruh kita keluar, kita mau bertahan, karena itu hak kita. Nah kita beribadah di rumah kita sendiri ngapain orang mengganggu di rumah kita kan," pungkasnya.  


Sura menambahkan, para pendemo menuntut penurunan spanduk penyambutan selamat datang walikota, pamflet kopian IMB gereja yang resmi dari BPPT yang tertempel di gereja, serta plakat gereja GBKP Bandung Timur. Padahal kata dia, tudingan soal izin yang tidak sah dan tanda tangan warga yang palsu, tidak benar.

"Mereka ini tadi mempertanyakan legalitas kita, lalu kita balik lagi mempertanyakan legalitas dari orang yang mendemo ini. Artinya bahwa izin demonya pun tidak ada dan mendemo rumah ibadah itupun dilarang sebenarnya. Dan yang paling penting bahwa Kepala BPPT Kota Bandung juga sudah menyatakan kalau tidak bisa musyawarah ajukan ke PTUN," papar Sura kepada KBR (10/4/2016).


Ia menegaskan proses izin gereja sudah sesuai prosedur dari tingkat RT hingga pemerintah kota.

"BPPT sudah mengecek semua proses perizinan dari GBKP Bandung Timur bahwa semua prosedur sudah dijalankan mulai dari rekomendasi RT/RW Lurah, Camat, Kementerian Agama, Badan Kerjasama antar Umat Beragama sampai ke BPPT ini semua lengkap," ungkapnya.


Editor: Sasmito Madrim

  • Gereja Batak Karo Protestan (GBKP)
  • walikota bandung
  • Ridwan Kamil
  • #intoleransi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!