BERITA

Australia: Serpihan di Mozambik Hampir Pasti dari Pesawat MH370

"Jumlah huruf dan tulisan pada serpihan-serpihan itu sama persis dengan pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang. "

Australia: Serpihan di Mozambik Hampir Pasti dari Pesawat MH370
Ilustrasi pesawat Boeing 777 seri 200ER milik maskapai Malaysia Airline. (Foto: Sergey Kustov/Creativ Commons SA 3.0)

KBR - Pemerintah Australia memastikan serpihan atau puing-puing yang ditemukan di pantai Mozambik Afrika, berasal dari pesawat Boeing 777 milik maskapai Malaysia Airlines yang hilang pada 8 Maret 2014 lalu.

Penegasan itu disampaikan Menteri Infrastruktur dan Transportasi Australia Darren Chester.


Ada dua serpihan yang ditemukan di pantai Mozambik, negara yang berada di ujung tenggara benua Afrika. Daerah ini berjarak lebih dari 7000 kilometer dari Malaysia. Dua serpihan itu ditemukan Desember 2015 dan Februari 2016.


Penegasan itu mengkonfirmasi laporan dari Komisi Keselamatan Transportasi Australia sebelumnya.


Darren Chester mengatakan jumlah huruf dan tulisan pada serpihan-serpihan itu sama persis dengan cetakan pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang. Hal itu mengindikasikan serpihan itu berasal dari pesawat naas itu.


Para penyelidik kecelakaan pesawat itu memeriksa serpihan yang ditemukan di Mozambik, dan diduga bagian ekor dan lempengan sayap pesawat. Serpihan itu bertuliskan "NO STEP" dan "676EB" yang ditulis dengan huruf sama persis dengan yang biasa digunakan Malaysia Airlines.


Pada tahun lalu, investigator asal Prancis menyimpulkan serpihan bagian sayap pesawat yang ditemukan di Pulau Reunion (sekitar 2000 km arah timur Mozambik) merupakan bagian dari pesawat MH370 yang hilang.


Pesawat Malaysia Airlines hilang kontak dalam penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Beijing, Tiongkok. Para penyelidik menduga, pesawat itu jatuh di salah satu tempat di Samudera Hindia dan menewaskan seluruh orang yang berada di pesawat berjumlah 239 orang). (Reuters/The Week) 

  • MH370
  • Malaysia Airlines
  • kecelakaan transportasi
  • Malaysia
  • Asia Tenggara
  • Boeing 777

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!