BERITA

Aktivis Berbaju

"Fashion yang mereka kenakan itu terbuat dari beraneka ragam sampah. Mulai dari bekas kemasan makanan dan minuman. "

Muji Lestari

Aktivis Berbaju
Aksi teaterikal aktivis lingkungan di Jombang, Jawa Timur. Foto Muji Lestari

KBR, Jombang – Sejumlah aktivis di Jombang, Jawa Timur menggelar aksi anti sampah. Selain membersihkan sampah-sampah di dalam sungai Gude, mereka juga mengenakan baju aneh bertajuk hantu menakutkan. Baju tersebut dibuat dari beraneka ragam sampah, mulai dari bekas kemasan makanan hingga kemasan minuman.

Salah satu aktivis lingkungan, Alvin mengatakan, kampanye anti sampah itu dilakukan dalam rangka menuju Indonesia bebas sampah 2020.


“Harapannya untuk mengajak masyarakat supaya tidak membuang sampah lagi disungai, karena membuang sampah di sungai dapat menyebabkan bencana banjir," kata Alvin, Minggu (10/04/16).


Hantu-hantu sampah itu ditampilkan berjaga di pintu air sebuah sungai di Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang. Aksi aktivis ini sebagai protes keras terhadap sungai yang saat ini penuh dengan sampah.

Selain membersihkan sungai, aktivis lingkungan yang rata-rata masih berusia muda ini juga membagikan ikan secara gratis kepada masyarakat yang kebetulan melewati jalan raya. Tujuannya agar ekosistem  sungai yang rusak akibat sampah, bisa pulih kembali dan menjadi sungai yang sehat.


Editor: Sasmito Madrim

  • sampah banjir
  • Sungai
  • jombang
  • aktivis lingkungan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!