HEADLINE

Yuk, Laporkan Korupsi di ESDM ke Whistleblowing System

"Masyarakat diajak melaporkan indikasi korupsi melalui website Whitleblowing System Online yang telah diluncurkan pemerintah. "

Evelyn Falanta

Yuk, Laporkan Korupsi di ESDM ke Whistleblowing System
ilustrasi

KBR, Jakarta - Masyarakat diajak melaporkan indikasi korupsi melalui website Whitleblowing System Online yang telah diluncurkan pemerintah. Situs ini merupakan wadah pengaduan terkait tindak pidana korupsi di internal Kementerian ESDM. 

Dalam website ini, menurut Juru Bicara Kementerian ESDM, Saleh Abdurrahman, masyarakat maupun pegawai internal kementerian dapat memantau langsung status laporannya apakah diproses atau tidak oleh tim. 

"Yang jelas sekarang cepat dan tepat. Jadi, begitu ada potensi dan laporan kita langsung teliti yang memberi laporan itu siapa. Yang penting bagi kita sudah melakukan upaya ini untuk mempercepat proses pencegahan, sehingga tidak ada lagi teman-teman kita yang mencoba melakukan gratifikasi.” Kata Saleh kepada KBR, Selasa (14/4/2015). 

Saleh Abdurrahman menambahkan, pada peluncuran pertama, sudah ada laporan yang masuk dari masyarakat terkait dugaan kecurangan antara vendor dengan pegawai internal Kementerian ESDM. 

Kementerian ESDM meluncurkan situs Whistleblowing System Online, Senin (13/4/2015). Cara kerja situs ini adalah setiap karyawan ESDM bisa langsung mengakses sistem tersebut dan langsung memasukkan laporan pengaduannya terkait gratifikasi atau suap yang berada di lingkungan Kementerian ESDM.

Editor: Antonius Eko  

  • korupsi
  • korupsi ESDM

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!