HEADLINE

Utang Indonesia ke IMF Masih 2,9 Miliar Dollar

"Istana Kepresidenan menyanggah pernyataan bekas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menyebut Indonesia sudah tak punya utang kepada Dana Moneter Internasional (IMF). "

Aisyah Khairunnisa

Utang Indonesia ke IMF Masih 2,9 Miliar Dollar

KBR, Jakarta – Istana Kepresidenan menyanggah pernyataan bekas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menyebut Indonesia sudah tak punya utang kepada Dana Moneter Internasional (IMF). 

Menurut data Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, Indonesia hingga akhir tahun lalu masih memiliki utang senilai 2,9 miliar dollar. Data ini dikutip Andi dari dokumen berjudul “Statistik Utang Luar Negeri Indonesia." 

Menurutnya, utang ke IMF memang sudah dilunasi pada 2006 di masa pemerintahan SBY. Namun angka utang mulai muncul lagi pada 2009 sebesar 3 miliar dollar.

“SBY betul 2006 kita tidak memiliki utang dengan IMF tetapi data dari statistik utang luar negeri Indonesia IMF pada 2009 muncul 3,093 miliar dolar. Posisi terakhir tabel ini, November 2014, 2,9 miliar dollar. Tetapi masih ada utangnya, tetapi saya tidak tahu itu untuk apa,” kata Andi. 

Andi menambahkan, dirinya yakin Indonesia masih berhutang dengan IMF. Ini lantaran pos perencanaan pembayaran utang selalu ada di APBN. Namun pemerintah akan menjaga agar rasio utang dengan pendapatan domestik bruto (PDB) tak lebih dari 24%. 

Sementara itu Forum Indonesia untuk Transparasi Anggaran (FITRA) sependapat dengan pihak istana. FITRA menyebut hingga kini Indonesia masih membayar cicilan utang kepada IMF. Ini sebagai dana iuran wajib keanggotaan IMF. Tujuannya, agar Indonesia mendapat kemudahan jika ingin meminjam di kemudian hari.

Editor: Antonius Eko 

 

  • utang indonesia
  • IMF

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!