HEADLINE

Sembilan Kepala Negara Batal Hadiri KAA di Bandung

Sembilan Kepala Negara Batal Hadiri KAA di Bandung

KBR, Jakarta - Sembilan kepala negara peserta Konferensi Asia Afrika batal menghadiri penutupan KAA di Bandung. Mereka bakal langsung  kembali ke negaranya, Kamis (23/4/2015). 

Dirjen Asia Pasifik Kemenlu Yuri Octavian Thamrin mengatakan kepala negara itu di antaranya Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, PM Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Palestina  dan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah. Sementara Raja Jordania, Abdullah II sudah terlebih dulu pulang kemarin. 

“Tentu saja ini tidak mengurangi arti penting perayaan di Bandung.  Ada  22 VVIP dan ratusan delegasi lain setingkat menteri dan tingkat lainnya,” kata Yuri Octavian Thamrin di Jakarta. 

Yuri Octavian menambahkan, ketidakhadiran kepala negara tersebut dapat dimaklumi. Perdana Menteri  Jepang Sinzo Abe misalnya tak bisa hadir karena harus mengikuti sidang di Parlemen Jepang. Selain menjabat perdana menteri, Shinzo juga anggota parlemen. 

Dengan demikian, hanya ada  22 tamu berkategori VVIP. Antara lain Presiden Madagaskar Hery Rajaonarimampiana,  Presiden Timor Leste, Taur Matan Ruak, Ketua Presidium Komite Rakyat Utara Kim Yong-nam, dan Perdana Menteri Kamboja Samdech Techo Hun Sen. 

Beberapa pesawat sudah siap untuk mengangkut tamu VVIP ke Bandung. Namun beberapa kepala negara ada yang memilih menggunakan pesawat pribadi menuju ke Bandara Husein Sastranegara Bandung. Seperti kepala negara Burma, Angola, Vietnam dan Afrika Selatan. 

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak yang tidak hadir dalam KTT, juga bakal langsung menuju Bandung dari Kuala Lumpur.

Editor: Antonius Eko  

  • konferensi asia afrika
  • Bandung

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!