HEADLINE

Puting Beliung Hantam Rumah Warga Desa Petung

Ilustrasi: Hermawan

KBR, Bondowoso  - Angin puting beliung menerjang dan merobohkan rumah warga di Desa Petung, Kecamatan Curahdami, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Kamis (2/4/2015). Hingga kini belum dipastikan jumlah rumah yang rusak. Namun di lapangan terlihat satu rumah warga rusak parah.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD, Hendri Widotono mengatakan, angin puting beliung menerjang rumah warga sekitar pukul 14.30 Wib. Dikatakan Hendri, sampai saat ini masyarakat masih khawatir akan adanya angin puting beliung susulan.


"Baru saja terjadi, ini sesuai dengan prediksi BMKG yang menyebutkan musim ini sanga potensi terjadi puting beliung. Menimpa rumah dan rusak parah sehingga tersisa hanya pondasinya saja," kata Hendri Widotono saat dihubungi melalui telepon oleh KBR, Kamis (2/4/2015).


Menurut Hendri, Desa Petung memang merupakan salah satu desa yang berada didaerah rawan bencana puting beliung. Saat ini Tim Reaksi Cepat (TRC) Bondowoso juga telah berada dilokasi bencana untuk membantu evakuasi masyarakat.


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso juga tengah memeriksa secara menyeluruh untuk mengetahui kerusakan yang terjadi akibat bencana ini. Selain itu, BPBD juga langsung mengirimkan paket sembako untuk warga yang berada di lokasi bencana.


"Total kerugiannya masih kita hitung, ini masih berada dilokasi juga untuk memeriksa rumah warga disekitar lokasi," ujarnya.


Berdasarkan peta daerah rawan bencana, terdapat 5 Kecamatan di Kabupaten Bondowoso diantaranya Kecamatan Curahdami, Tlogosari, Sumber Wringin, Taman Krocok dan Pujer.


Editor: Anto Sidharta 

  • angin puting beliung
  • Bondowoso

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!