HEADLINE

Presiden Jokowi Puji Konferensi Parlemen Asia Afrika

"Menurut Presiden, peran parlemen sangat penting karena merupakan perwakilan rakyat dan penyeimbang bagi pemerintah. "

Khusnul Khotimah

Jokowi
Presiden RI Joko Widodo

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo menyatakan kerja sama yang sedang dibangun di dalam Konferensi Asia Afrika dan juga Forum Ekonomi Dunia (WEF) bakal sukses jika didukung oleh parlemen se-Asia dan Afrika.

Ini disampaikan Presiden saat membuka Konferensi Parlemen Asia Afrika di Gedung DPR hari ini. Menurut Presiden, peran parlemen sangat penting karena merupakan perwakilan rakyat dan penyeimbang bagi pemerintah.


“Saya sangat gembira karena agenda yang akan dibahas dalam sidang parlemen Asia Afrika sejalan dengan persoalan-persoalan yang dibahas dalam KAA. Yaitu masalah perdamaian, peningkatan kemitraan strategis baru Asia Afrika dan solidaritas untuk Palestina, “kata Presiden Joko Widodo di Gedung DPR, Kamis (23/4/2015).


Konferensi Parlemen Asia Afrika mengusung tema “Memperkuat Peran Parlemen Asia Afrika dalam Mendorong Perdamaian dan Kemakmuran Dunia”. Presiden mengapresiasi tema yang diangkat karena sejalan dengan apa yang ia sampaikan dalam pembukaan konferensi Asia Afrika. Dalam forum ini, negara-negara Asia Afrika dituntut mewujudkan kesejahteraan, solidaritas dan stabilitas. Tiga hal itu kata Jokowi, bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah namun juga menjadi tugas parlemen.


Presiden juga menyampaikan jika saat ini dunia begitu menghargai Indonesia. Dalam sepekan Indonesia menjadi tuan rumah agenda-agenda penting dunia yakni Forum Ekonomi Dunia, Konferensi Asia Afrika dan Konferensi Parlemen Asia Afrika.


Editor: Anto Sidharta

 

  • Jokowi
  • konferensi asia afrika

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!