HEADLINE

Pengamat: SDA Ditahan, PPP Kubu Djan Berpeluang ke KIH

"Pengamat politik, Jayadi Hanan mengatakan, faktor utama PPP bergabung dengan koalisi oposisi adalah kedekatan SDA dengan Prabowo."

SDA
Mantan Menteri Agama Suryadharma Ali mengenakan baju tahanan usai diperiksa di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/4). Suryadharma resmi ditahan sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi p

KBR, Jakarta – Peluang PPP kubu Djan Faridz merapat ke koalisi pemerintah menjadi lebih besar setelah KPK menahan Suryadharma Ali (SDA) yang jadi tersangka kasus korupsi penyelenggaraan haji.

Pengamat politik, Jayadi Hanan mengatakan, faktor utama PPP bergabung dengan koalisi oposisi adalah kedekatan SDA dengan Prabowo. Namun masuknya PPP Djan Faridz ke koalisi pemerintah masih akan ditentukan oleh kemampuan Koalisi Jokowi melobi Djan.


“Lalu ada problem yang lebih besar, yakni jika PPP merapat ke KIH (Koalisi Indonesia Hebat), siapa di antara keduanya yang jadi ketua umum. Internalnya kan belum selesai juga. Itu kan repot. Tapi memang jalannya lebih muda karena sekarang kubu KIH tak perlu lagi digalangi oleh SDA,” kata Jayadi Hanan kepada KBR, Sabtu (11/4/2015).


Kemarin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menahan Bekas Ketua Umum PPP Suryadharma Ali. Bekas Menteri Agama itu ditetapkan sebagai tersangka pada 22 Mei 2014 dalam kasus korupsi penyelenggaraan haji. SDA diduga menyalahgunakan dana penyelenggaraan haji sebesar Rp1 triliun. Dana itu berasal dari APBN dan setoran calon jamaah haji melalui tabungan haji.


Editor: Anto Sidharta

 

  • SDA
  • KIH

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!