HEADLINE

Luhut: Jokowi tidak Anti Bank Dunia

Luhut: Jokowi tidak Anti Bank Dunia
Luhut Panjaitan (foto: Antara)

KBR, Jakarta - Pemerintah mengaku masih butuh pinjaman dari pihak asing untuk menjalankan ekonomi hijau. 

Kepala staf ahli kepresidenan Luhut Panjaitan mengatakan, pemerintahan Jokowi tidak anti terhadap pinjaman Bank Dunia. Kata Luhut, bunga pinjaman Bank Dunia saat ini masih yang terendah yakni 0,5 persen.

"Tetapi yang jadi masalah, yang kita tidak mau lagi, kita diatur dan didikte. Itu kita tidak mau. Kita negara berdaulat, memiliki sikap yang jelas. Sekali lagi, hindari keinginan kita untuk menolak bantuan asing," ujarnya Senin (27/4/2015). 

"Karena itu sebenarnya saling menguntungkan. Karena mereka juga membuat keuntungan atas investasi di Indonesia. Karena mereka melihat Indonesia satu negara yang berpotensi yang maju pertumbuhan perekonomiannya dalam kurun waktu beberapa tahun ini," tambahnya lagi.

Menurut Luhut, pinjaman dana IMF saat krisis keuangan 1998 adalah contoh keliru pemanfaatan bantuan. Luhut optimistis pemerintah dapat menaikkan investasi hijau dengan adanya pemberian insentif pajak. Kata dia, beberapa sektor yang potensial adalah pemanfaatan panas bumi dan pembangkit listrik ramah lingkungan lainnya.

Editor: Antonius Eko  

  • Luhut Panjaitan
  • Jokowi
  • bank dunia

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!