HEADLINE

Libur Paskah, Jalur Puncak Macet

"Libur panjang yang bertepatan dengan Hari Raya Paskah dimanfaatkan sebagian orang untuk berlibur ke kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. "

Libur Paskah, Jalur Puncak Macet
Kepadatan arus kendaraan yang terjadi di Gadog, Bogor, Jawa Barat. (foto: Rafik Maeilana)

KBR, Bogor - Libur panjang yang bertepatan dengan Hari Raya Paskah dimanfaatkan sebagian orang untuk berlibur ke kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Banyaknya wisatawan yang ingin menikmati udara sejuk di kawasan tersebut, tak ayal membuat arus lalu lintas menjadi padat.

Pantauan di Pos Polisi Gadog, Bogor? peningkatan volume kendaraan sudah terjadi sejak Jumat (3/4/2015) pukul 06.00 WIB. Kepadatan kendaraan sudah terjadi sebelum pintu Tol Ciawi hingga kawasan Puncak Cisarua.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Bogor Bramasetyo Priaji mengatakan, ada beberapa titik kepadatan lalu lintas di sepanjang jalur Puncak. Wilayah seperti pertigaan Megamendung setelah jembatan Gadog, Jembatan Selarong, Cipayung, Cimory, Taman Wisata Matahari, Pasar Cisarua, Taman Safari, dan Warung Kaleng.

"Kepadatan terjadi akibat adanya penyempitan jalan, aktivitas ekonomi dan masih banyak pengendara yang sering mengambil jalur berlawanan yang memicu penguncian arus lalu lintas," katanya saat ditemui di Pospol Gadog, Bogor, Jumat (3/4/2015)?.

Mengingat kepadatan sudah tidak bisa dikendalikan, pihaknya memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa sistem buka tutup jalur.

"One way system atau sistem satu arah ini sifatnya situasional. Untuk one way mulai diberlakukan pada pukul 09.00 yang diprioritaskan kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak. Kemudian dilakukan normalisasi dan kembali one way prioritas kendaraan dari Puncak menuju Jakarta pada pukul 15.00 WIB," ungkapnya.  

Bram memprediksi, kepadatan kendaraan di jalur Puncak akan terjadi hingga Sabtu (4/4/2015) sore. "Rata-rata mereka datang ke kawasan Puncak untuk berwisata, menikmati libur panjang," ujarnya.

Editor: Antonius Eko  

  • Macet
  • Bogor
  • libur paskah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!