HEADLINE

Jokowi: Asia Afrika Harus Sejajar dengan Bangsa Lain

Jokowi: Asia Afrika Harus Sejajar dengan Bangsa Lain

KBR, Bandung - Presiden Joko Widodo kembali mengajak pemimpin Asia Afrika melanjutkan cita-cita penggagas Konferensi Asia Afrika (KAA) pertama untuk memakmurkan rakyat di kedua kawasan itu. 

Jokowi mengatakan cita-cita itu hanya bisa diraih jika negara Asia Afrika bekerja sama dan bermitra secara sejajar dengan negara lain. Saling pengertian juga harus terus ditingkatkan untuk mewujudkan perdamaian dunia.

“Kita harus bahu membahu supaya bangsa kita sejajar dengan bangsa-bangsa maju di belahan dunia yang lain. Saya berharap semangat Konferensi Asia Afrika terus kita perjuangkan secara bersama-sama dan di masing-masing negara,” kata Presiden Joko Widodo dalam pidato di Gedung Merdeka Bandung, Jumat (24/4/2015). 

Di Gedung Merdeka, Presiden Jokowi memberikan sambutan, diikuti kepala negara perwakilan dari Asia dan Afrika, dan negara peninjau. Setelah itu Pesan Bandung ditandatangani secara simbolis.

Pesan Bandung terdiri dari 41 poin yang berisi sejumlah kerjasama antara lain penguatan solidaritas politik, memperkuat kerjasama bidang ekonomi dan mempererat hubungan sosial dan kebudayaan. 

 Editor: Antonius Eko 

  • konferensi asia afrika
  • Jokowi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!