HEADLINE

Federasi Guru Independen: Ujian Berbasis Komputer Ajang Adu Gengsi

"Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer, atau CBT dituding hanya dijadikan ajang adu gengsi antarsekolah di daerah. "

Ilustrasi Ujian Nasional (Foto: Antara)
Ilustrasi Ujian Nasional (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer, atau CBT dituding hanya dijadikan ajang adu gengsi antarsekolah di daerah.

Sekretaris Jenderal Federasi Guru Independen Indonesia, FGII Iwan Setiawan mengungkapkan, banyak sekolah-sekolah di daerah yang akhirnya memaksakan diri melaksanakan ujian tersebut. Padahal, fasilitas berupa komputer tidak memadai. Sehingga sekolah-sekolah itu terpaksa meminjam komputer milik orangtua siswa.

"Banyak sebenarnya sekolah-sekolah di daerah yang belum siap menjalankan CBT. Tapi demi nama baik kota, kabupaten, atau sekolah itu sendiri, maka memaksakan diri. Saya dapat informasi dari media ada beberapa sekolah di daerah yang seperti itu," ujarnya kepada KBR saat dihubungi Minggu (12/4).

"Misalkan di Ciamis, banyak sekolah yang meminjam laptop atau komputer milik orangtua murid. Ini dilakukan semata-mata demi mendapatkan pujian dari atasannya," jelasnya lagi.


Pelaksanaan UN untuk SMA/SMK/MA ini dimulai dari tanggal 13-15 April dan paket C mulai 13-16 April 2015. Sementara untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) dilaksanakan pada 4-7 Mei 2015, termasuk paket B pada 4-6 Mei 2015.

Editor: Dimas Rizky

  • pendidikan
  • Ujian nasional
  • SMA

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!