HEADLINE

Coret BG dari Bursa Calon Wakapolri

"Koalisi Masyarakat Sipil tetap menganggap Budi Gunawan bukan pilihan yang tepat untuk mendampingi Badrodin Haiti sebagai Wakapolri. "

Coret BG dari Bursa Calon Wakapolri
Budi Gunawan (foto: Antara)

KBR, Jakarta - Koalisi Masyarakat Sipil tetap menganggap Budi Gunawan bukan pilihan yang tepat untuk mendampingi Badrodin Haiti sebagai Wakapolri. 

Salah satu aktivis Miko Ginting beralasan, gugatan praperadilan Budi Gunawan boleh saja dikabulkan oleh hakim. Namun, proses hukum bekas calon Kapolri itu dinilai masih belum tuntas. Sehingga, namanya seharusnya dicoret dari bursa calon Wakapolri.

"Sosok Budi Gunawan kan memang selama ini cukup kontroversial. Dan yang perlu diingat, putusan praperadilan itu kan belum menjadi putusan akhir. Belum ada pembuktian terhadap kesalahan Budi Gunawan,” kata Miko. 

“Sama saja dorongannya pada saat pemilihan Kapolri. Pemilihan Wakapolri juga hendaknya melibatkan KPK, melibatkan PPATK, Komnas HAM, Komnas Perempuan dan lain sebagainya. Dan jadikan lembaga-lembaga itu faktor penting dalam menentukan sosok yang sudah digadang-gadang,” tambahnya. 

Sejumlah perwira tinggi di Kepolisian telah digadang-gadang bakal menjadi pendamping Badrodin Haiti yang segera dilantik menjadi Kapolri. Selain bekas calon kapolri Budi Gunawan, sejumlah nama lain yang disebut-sebut menjadi kandidat Wakapolri adalah Budi Waseso, dan Putu Eko Bayuseno.

Editor: Antonius Eko  

  • Budi Gunawan
  • wakapolri
  • Badrodin Haiti

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!