HEADLINE

Aktivis: Jokowi Jangan Calonkan BG Jadi Wakapolri

"Anggota koalisi Masyarakat sipil antikorupsi, Erasmus Napitupulu mengatakan hal ini lantaran kasus hukum yang menjerat Budi Gunawan belum selesai. "

Budi Gunawan
Komjen Budi Gunawan. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Koalisi masarakat sipil antikorupsi mendesak Presiden Joko Widodo agar memberikan rekomendasi kepada kepolisian untuk tidak mencalonkan Budi Gunawan (BG) sebagai Wakapolri.

Anggota koalisi Masyarakat sipil antikorupsi, Erasmus Napitupulu mengatakan hal ini lantaran kasus hukum yang menjerat Budi Gunawan belum selesai. Selain itu pihaknya meminta Kepolisian agar transparan dalam mekanisme pemilihan wakapolri. Karena selama ini mekanisme pemilihan baik Kapolri dan Wakpolri tidak pernah jelas dan transparan.


“Siapapun calon diantara kepolisian, kita mendorong agar Joko Widodo tidak melihat pemimpin-pemimpin sebagai pion-pion yang bisa digerakkan ke mana saja. Mereka adalah calon-calon yang berada di bawah yurisdiksi kerja mereka,” kata Erasmus di Kantor ICW, Rabu (8/4/2015).


Karenanya, ia menekankan, pentingnya proses pemilihan pejabat negara di bidang penegakan hukum itu.


“Jadi kita harus tahu betul siapa yang memimpin negara kita, kita harus tahu betul siapa yang akan memiliki kewenangan atas diri kita masing-masing. Jadi kalau ditanya calon menurut kami, kita lebih ditekankan pada prosesnya,” tambah Erasmus.


Sebelumnya, kemarin Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengungkapkan Budi Gunawan pantas dicalonkan sebagai Wakapolri. Fahri beralasan bila permasalah hukum terhadap Budi Gunawan sudah selesai. Sehingga harus ada pemulihan nama baik terhadap petinggi Polri tersebut.


Editor: Anto Sidharta 

  • Wakapolri
  • Jokowi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!