BERITA

Lagi, Pemerintah Umumkan 8 Pasien Positif Covid-19 di Indonesia

"Saat ini total pasien Covid-19 di Indonesia berjumlah 27 orang, dengan 2 orang di antaranya sudah dinyatakan negatif meski belum diizinkan pulang."

Dwi Reinjani

Lagi, Pemerintah Umumkan 8 Pasien Positif Covid-19 di Indonesia
Ilustrasi. (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengumumkan pasien positif Corona di Indonesia bertambah 8 orang pada Selasa (10/3/2020).

Dengan begitu, saat ini total pasien Covid-19 di Indonesia berjumlah 27 orang, dengan 2 orang di antaranya sudah dinyatakan negatif meski belum diizinkan pulang.

“Pasien dengan nomor kode 23 perempuan, 73 tahun, imported case. Kondisinya saat ini sedang menggunakan ventilator (alat bantu pernafasan) karena faktor komorbid (penyakit penyerta) cukup banyak,” ujar Yurianto di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Selain pasien dengan kode 23, pasien dengan kode 22, 24, 25, 26 merupakan pasien dengan paparan imported case karena pernah bepergian ke luar negeri, 2 orang di antaranya merupakan Warga Negara Asing (WNA).

Sedangkan untuk kasus pasien 20 dan 21 dilaporkan terpapar dari pasien kasus 01 cluster Jakarta. Menurut Yurianto, saat ini tim kesehatan masih menelusuri kasus ke 27. 

“Kami menduga ini local transmission yang sedang kami tracking dari mana sumbernya. Karena bukan imported case dan tidak jelas dari bagian kasus yang lain. Sementara belum jelas mungkin nanti kita bisa temukan,” ujarnya.

Profil umum 8 pasien Covid-19 baru ini adalah:

    <li><b>Pasien 20:</b> perempuan, 70 tahun bagian dari <i>tracing</i> subcluster Jakarta.</li>
    
    <li><b>Pasien 21:</b> perempuan, 47 tahun, bagian dari <i>tracing </i>subcluster Jakarta.</li>
    
    <li><b>Pasien 22:</b> perempuan, 36 tahun, <i>imported case</i>.</li>
    
    <li><b>Pasien 23:</b> perempuan, 73 tahun, <i>imported case</i> kondisi menggunakan ventilator karena faktor komorbid banyak.</li>
    
    <li><b>Pasien 24:</b> laki laki, 46 tahun, <i>imported case</i>.</li>
    
    <li><b>Pasien 25:</b> perempuan, 53 tahun, WNA, <i>imported case</i>, kondisi stabil.</li>
    
    <li><b>Pasien 26:</b> laki laki, 46 tahun, WNA, <i>imported case</i>, kondisi stabil.</li>
    
    <li><b>Pasien 27:</b> laki laki, 33 tahun, kondisi stabil, diduga <i>local transmission</i> (masih dalam penelusuran).</li></ul>
    


    Editor: Ardhi Rosyadi

  • COVID-19

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!