HEADLINE

TNI AU Tes Empat Pesawat Tucano Baru

"Keempat pesawat latih ini baru, diterbangkan langsung dari negara produsen asalnya. "

Ninik Yuniati

Pesawat Super Tocano TNI AU (Sumber: militerhankam.com)
Pesawat Super Tocano TNI AU (Sumber: militerhankam.com)

KBR, Jakarta - TNI bakal mengetes empat pesawat jenis Super Tucano yang baru dikirim dari Brasil. Panglima TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, pesawat tersebut masih baru sehingga tidak perlu dilakukan perbaikan. Selain itu, keempat pesawat tersebut diterbangkan langsung dari negara produsen asalnya.

"Itu kan pesawat latih, jadi baru semuanya. Diterbangkan dari sana sampai sini kan berarti sudah bagus, kita cek saja nanti," kata Gatot di Monas, (3/1/2016)

Empat pesawat latih tempur jenis Super Tucano tiba di pangkalan udara Abdurrahman Saleh, Malang, Jawa Timur Senin (29/2/2016) kemarin. Ini merupakan pengiriman ketiga berdasarkan pesanan TNI Angkatan Udara kepada Empresa Braziliera de Aeronautica (Embraer) dari Sao Paulo, Brasil. Pangkalan Udara Abdurrahman Saleh semestinya memiliki 12 pesawat dari tiga pengiriman tersebut. Namun, satu pesawat jatuh di Malang, 12 Februari lalu, yang menewaskan pilot dan juru mesinnya, serta dua warga.  

Editor: Citra Dyah Prastuti 

  • pesawat latih tempur Super Tucano TNI AU
  • TNI AU

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!