HEADLINE

Sopir Taksi Demo, Ini Antisipasi Penumpukan Penumpang TransJakarta

Sopir Taksi Demo, Ini Antisipasi Penumpukan Penumpang TransJakarta

KBR, Jakarta - PT TransJakarta memfokuskan petugasnya di titik-titik yang rawan terdampak, akibat demo sopir angkutan umum menentang perusahaan penyedia jasa transportasi online. 

Juru Bicara PT TransJakarta Prasetya Budi mengungkapkan, antisipasi penumpukan penumpang dan pengalihan arus dilakukan di titik-titik demo, seperti di depan Kementerian Perhubungan, Balai Kota Jakarta dan rute Ragunan - Monas.

"Petugas kami yang jelas saat ini dikonsentrasikan di titik-titik demo. Kami arahkan ke titik-titik yang kami anggap rawan. Ada pergeseran petugas dari titik yang dianggap normal ke titik yang dianggap rawan itu. Kalau demo parah sekali, kami bisa saja stop operasi. Tapi hingga kini secara umum operasi normal," jelas Prasetya kepada KBR, Selasa (22/03/2016).

Untuk mengantisipasi penumpukan penumpang, Prasetya melanjutkan, sudah menyiagakan sejumlah bus cadangan. 

"Situasional, jika nanti di satu titik atau di satu koridor penumpangnya meningkat maka kami akan mengirimkan bus-bus bantuan. Kami kan sudah ada cadangan. Berapa yang kami luncurkan itu bergantung situasi," ujar Prasetya. 

Di samping itu, PT TransJakarta juga memberlakukan kebijakan khusus bagi penumpang, dengan membolehkan pembayaran secara tunai khusus untuk hari ini.

Dia menambahkan, pengalihan rute bisa saja berubah sewaktu-waktu berdasarkan perkembangan aksi unjuk rasa sopir angkutan umum. "Yang jelas petugas kami konsentrasi penuh di titik peserta demo, kita selalu melihat perkembangan situasi. Namun jam operasional sejauh ini masih normal," pungkasnya.

Berikut rute pengalihan bus TransJakarta:

1. Untuk Koridor 1 (Blok M - Kota), jika peserta unjuk rasa berada di depan kantor Kementerian Perhubungan hingga menutup jalur busway maka rute akan dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan. Bus dari Halte Bank Indonesia akan belok kiri sebelum patung kuda, menuju Jalan Budi Kemuliaan untuk selanjutnya belok kanan ke Jalan Abdul Muis dan menuju Halte Harmoni.

Sedangkan, arah sebaliknya (Kota - Blok M) dialihkan melalui Pecenongan - Juanda - Pasarbaru - Lapangan Banteng - Pejambon - berputar di Tugu Tani - Balai Kota kemudian kembali masuk ke jalur Koridor 1 menuju Halte BI. Namun jika peserta unjuk rasa berada di depan gedung Balai Kota hingga menutup jalan, maka rute dari Kota menuju Blok M dilakukan perpendekan layanan hanya sampai Halte Harmoni.

2. Koridor 2 (Pulogadung - Harmoni), yang biasanya melintasi Halte Monas, Balai Kota dan seterusnya. Namun apabila massa sampai menutupi jalur busway maka akan ada pengalihan melalui Pecenongan - Juanda Pasarbaru - Lapangan Banteng - Pejambon - Tugu Tani - Kwitang dan seterusnya menuju Pulogadung.

Sebaliknya, rute dari Pulogadung - Harmoni tetap beroperasi normal.

3. Koridor 6 (Ragunan - Monas) mengalami perpendekan rute hanya sampai Halte Dukuh Atas. Sementara penumpang tujuan Monas, bisa transit di Dukuh Atas dan menggunakan bus layanan Koridor 1 hingga Halte BI.

4. Feeder Rute PIK-Monas-Balai Kota mengalami perpendekan rute hanya sampai Harmoni. 

  • Transjakarta
  • demo angkutan umum
  • uber
  • grab car

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!