HEADLINE

Sidang Perdana 26 Aktivis Dipadati Ratusan Buruh

"Ratusan buruh menuntut proses sidang dihentikan"

Ria Apriyani

Sidang Perdana 26 Aktivis Dipadati Ratusan Buruh
Ratusan aktivis hadir pada sidang perdana terhadap 26 aktivis buruh di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Jakarta. Foto: Ria Apriyani

KBR, Jakarta - Seratusan aktivis gerakan buruh mulai memadati halaman Pengadilan Negeri Jakarta Pusat di mana sidang perdana terhadap 26 aktivis buruh, pengacara LBH dan mahasiswa yang dikriminalisasi saat berunjukrasa di Istana Merdeka digelar, Senin, 21 Maret 2016. Kepada KBR, mereka menuntut agar proses persidangan ini dihentikan.

Sebelumnya, puluhan aktivis buruh ditangkap karena dianggap tidak mematuhi peringatan Polisi dalam aksi 30 Oktober 2015 lalu . Dalam penangkapan ini, Polisi juga membawa dua pengacara LBH. Itu sebab, hari ini, LBH Jakarta tutup kantor dan meniadakan layanan ban­tuan hukum.

Langkah ini diambil sebagai bentuk kekecewaan terhadap kriminalisasi yang dialami dua pengacaranya, sekaligus ek­spresi keprihatinan atas lemah­nya perlindungan terhadap para pengabdi bantuan hukum di Indonesia. Direktur LBH Jakarta Alghiffari Aqsa menuturkan, kasus kriminal­isasi terhadap Tigor Hutapea dan Obed Sakti menunjukkan pemerintah yang makin represif.

 

Editor: Damar Fery Ardiyan 

  • PN Jakarta Pusat
  • Buruh
  • LBH Jakarta

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!