HEADLINE

Satgas 115 Tangkap 4 Kapal Ilegal di Natuna

"Empat kapal yang diduga milik Vietnam itu ditangkap oleh satu Kapal Pengawas Hiu 5"

Satgas 115 Tangkap 4 Kapal Ilegal di Natuna
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meninjau Kapal MV Viking buronan Interpol Norwegia jelang peledakan di wilayah Perairan Tanjung Batumandi, Pangandaran, Jawa Barat, Senin (14/3). Foto A

KBR, Jakarta - Satuan Tugas (Satgas) Pemberantasan Illegal Fishing (Satgas 115) kembali menangkap empat kapal pencuri ikan di perairan Natuna. Menurut Wakil Ketua Satgas 115, Yunus Husein, empat kapal yang diduga milik Vietnam itu ditangkap oleh satu Kapal Pengawas Hiu 5.

"Itu dari tengah malam kemarin mereka berjuang. Pagi baru nyampe ke Tarempa. Dua kapal sudah sampai duluan, dua belakangan. Bisa menangkap empat kapal itu luar biasa. Satu patroli itu," kata Yunus Husein kepada KBR, Jumat (25/3/2016).

Penangkapan ini dilakukan Kamis (24/3/2016) dinihari. Yunus mengaku sempat mencemaskan operasi ini. "Saya sendiri agak was-was. karena dia nangkap empat kapal itu. Di tiap kapal ditaruh dua orang untuk menguasai kapal itu, dalam rangka adhoc untuk menggiring kapal ke darat. Rupanya kapal kedua selamat, bisa dikuasai," lanjut Yunus Husein.

Menurut Yunus, dari foto yang ia terima, kapal itu berukuran lebih kecil dibanding dua kapal Taiwan yang sebelumnya ditembak kapal patroli Indonesia di Selat Malaka.


Editor: Damar Fery Ardiyan

  • satgas 115
  • ilegal fishing
  • KKP
  • Susi Pudjiastuti

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!