HEADLINE

Labora Kabur, Pimpinan DPR Minta Sistem Lapas Dievaluasi

Labora Kabur, Pimpinan DPR Minta Sistem Lapas Dievaluasi

KBR, Jakarta - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai sistem penahanan di lembaga pemasyarakatan harus dievaluasi. Ini menyusul kaburnya terpidana korupsi Labora Sitorus saat hendak dieksekusi ke LP Cipinang, Jakarta.

Menurut Fadli Zon, evaluasi harus dilakukan menyeluruh mengingat masih ada praktik-praktik yang membolehkan napi keluar tanpa alasan yang kuat. "Kita tahu itu menjadi umum yang selalu ada, mereka yang ada di dalam dizinkan keluar dan sebagainya. Itu seharusnya ada koreksi total terhadap itu, sehingga tidak mudah mereka yang di dalam izin keluar dengan berbagai macam alasan, kecuali sakit," jelas Fadli Zon kepada wartawan di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (05/03/2016).

Untuk itu, menurutnya, pengawasan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) juga harus diperketat. Dia juga meminta komisi hukum DPR melakukan koreksi aturan terkait masih banyaknya narapidana yang kabur dari LP dengan berbagai alasan dan diizinkan petugas LP. "Saya kira nanti di komisi tiga itu pasti akan ada evaluasi terhadap itu bersama Menteri Hukum dan HAM. Saya kira ini kan baru kejadian dan akan dievaluasi komisi terkait," ujarnya.


Fadli mengakui, memang masih menemukan sejumlah kelemahan pengawasan di lembaga pemasyarakatan. "Kita tahu itu menjadi umum yang selalu ada, mereka yang ada di dalam dizinkan keluar dan sebagainya. Itu seharusnya ada koreksi total terhadap itu, sehingga tidak mudah mereka yang di dalam izin keluar dengan berbagai macam alasan, kecuali sakit. Saya kira nanti di komisi tiga itu pasti akan ada evaluasi terhadap itu," jelas Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra tersebut.


Sebelumnya, Proses eksekusi Labora Sitorus diwarnai drama. Sekitar 50 pendukung Labora bersiap dengan batu melawan aparat gabungan yang ingin mencokok kembali Labora Sitorus di rumahnya di Sorong, Papua. Namun saat akan dieksekusi, bekas polisi pemilik rekening gendut Rp 1,5 triliun itu ternyata sudah tidak ada di rumahnya. Labora Sitorus melarikan diri saat akan dibawa ke LP Cipinang, Jakarta pada Jumat (04/03/2016) pagi.

(Nurika Manan)

  • Labora Kabur
  • DPR
  • Wakil Ketua DPR Fadli Zon
  • Labora Sitorus

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!