KM Rafelia 2 Tenggelam, Jenazah Diidentifikasi Sebagai Nakhoda Kapal

“Yang kami dapatkan postmortem berupa kaos dan celana sesuai dengan foto korban sebelum berangkat. "

, BERITA , NUSANTARA

Senin, 07 Mar 2016 22:06 WIB

Author

Hermawan Arifianto

KM Rafelia 2 Tenggelam, Jenazah Diidentifikasi Sebagai Nakhoda Kapal

Jenazah korban KMP rafelia 2. (Foto: KBR/Hermawan A.)

KBR, Banyuwangi- Tim DVI Kepolisian Jawa Timur, berhasil mengidentifikasi  satu Jenezah yang ditemukan oleh Tim Kesatuan  Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Banyuwangi pada hari Senin Siang (7/3/2016) di perairan Gilimanuk Bali. Satu jenazah yang berhasil diindetifikasi tersebut  adalah Bambang Suryono Adi Nakhoda Kapal Motor Penumpang (KMP) Rafelia 2 yang tenggelam di perairan selat Bali pada hari Jumat lalu (4/3/2016).

Menurut Anggota Tim DVI tenggelamnya Kapal Motor Rafelia 2 Sigit Lasmono jati,  Jenazah Nakhoda kapal itu berhasil diidentifikasi karena antara jasad  yang diterima DVI dengan laporan keluarga memiliki  kesamaan. Sehingga  bisa dipastikan  jenazah tersebut  korban Tenggelamnya KM Rafelia 2.
Kata Salmono, untuk identifikasi nahkoda kapal ini, tim DVI mengambil sempel gigi dan atribut yang masih melekat di tubuh. Sebab  jasadnya sudah sulit dikenali karena lama berada didalam air.

“Yang kami dapatkan postmortem berupa kaos dan celana sesuai dengan foto korban sebelum berangkat. Kemudian juga melekat dalam tubuh korban berupa  id card yaitu KTP, kemudian SIM. Berdasarkan data primer dan sekunder tadi, maka label body B 06  teridentifikasi data AM 06 atas nama Bambang Suryono Adi  usia 57 tahun, alamat Banyuwangi,” kata Sigit Lasmono Jati, Senin (7/3/2016).

Anggota Tim DVI tenggelamnya Kapal Motor Rafelia 2 Sigit Lasmono jati menambahkan,  meski nahkoda kapal sudah ditemukan DVI Polda Jatim tetap membuka pengaduan orang hilang terkait tenggelamnya KMP Rafelia 2 ini. Kata dia, bagi masyarakat yang merasa kehilangan keluarga bisa langsung melapor ke Mapolres Banyuwangi, dengan membawa identitas lengkap.

Dengan ditemukanya satu jenazah ini, maka jumlah korban tenggelamnya KMP Rafelia 2, menjadi 82 orang. Dengan rincian, 76 orang dinyatakan selamat dan 6 orang meninggal dunia. Data ini  berbeda dengan manifes yang dikeluarkan oleh PT ASDP Ketapang yang menyebutkan  bahwa  penumpang KMP Rafelia 2 sebanyak 81 orang.

Enam korban yang dinyatakan meninggal dunia itu di antaranya, Tia Agus  Warga Karawang Jawa Tengah, Elo Masturo bersama anaknya yang berumur 18 bulan Muhammad Raman warga Desa Olehsari Banyuwangi,  Puji Purnomo mualim Kapal warga Banyuwangi, I Gusti Made Suana warga Tampaksiring Bali dan nahkoda kapal Bambang Suryono  Adi warga Banyuwangi. 


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

What's Up Indonesia

Kesepakatan Batas Usia Perkawinan

Newsbeat