KLHK : 24.3 Juta Hektare Hutan Terdegradasi

Menteri LHK Siti Nurbaya memerinci, 5,5 juta hektare di antaranya dalam kondisi kritis

BERITA | NASIONAL

Sabtu, 19 Mar 2016 15:33 WIB

Author

Yudi Rachman

KLHK : 24.3 Juta Hektare Hutan Terdegradasi

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya. (Foto: KBR)

KBR, Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memperkirakan 24,3 juta hektare hutan di Indonesia terdegradasi. Sebanyak 5,5 juta hektare di antaranya, menurut Menteri LHK Siti Nurbaya, dalam kondisi kritis.

"Luas lahan yang terdegradasi 24.3 juta lahan yang terdegradasi dan diantaranya 5.5 juta hektare itu lahannya relatif kritis. Karena itu harus bisa kita selesaikan dengan cara kita menanam lagi," jelas Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di Subang, Jawa Barat (19/03/2016).

Siti mengungkapkan, sebagian besar hutan berubah fungsi dan berkurang kemampuannya dalam menyeimbangkan alam. Itu sebab, diperlukan upaya penghijauan kembali terhadap kondisi hutan yang kritis. "Menanam lagi itu pertama kita harus intensifkan HTI-HTI, HTI itu harus tanam. Tidak bisa lagi yang namanya HTI tetapi tidak tanam. Kedua, yang di lahan-lahan masyarakat kita dorong masyarakat untuk menanam," tambah Siti.

Dia pun tak memungkiri, pembukaan lahan untuk proyek infrastruktur turut menyumbang kondisi buruk bagi lingkungan. Untuk itu, kata dia, pembangunan infrastruktur harus dibarengi dengan wawasan lingkungan dan pemulihan kawasan hutan yang dibuka. Ini dilakukan agar fungsi ekologis dan hidrologis hutan tak terganggu.

"Membangun infrastruktur selain berdampak sangat positif tetapi juga kita antisipasi dampaknya di lokasi terutama dampak yang dipertimbangkan agar tidak negatif, baik untuk manusia, air, tanah, hewan serta lingkungan. Di situlah perlunya pembangunan yang berwawasan lingkungan. Jadi pembangunan jalan tol yang membuka lahan hutan, kita pulihkan agar tidak mengganggu fungsinya sebagai penyumbang oksigen," ujarnya.

Hari ini (Sabtu, 19/03/2016), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menanam pohon di sisi kanan-kiri Jalan Tol Cipali KM 109, Subang, Jawa Barat. Sekitar 300 pohon itu ditanam untuk memulihkan tutupan lahan yang terbuka, mengembalikan fungsi perlindungan tata air, pengamanan, dan kenyamanan pengguna jalan tol Cipali.

Total, ada sekitar 3000 pohon yang ditanam di sisi kiri dan kanan sepanjang jalan tol Cikampek - Palimanan (Cipali).

Editor: Nurika Manan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Cerdik Kelola THR

Kabar Baru Jam 8

Soal Kerumunan, Kegiatan Ibadah dan Ancaman Virus Covid-19 Varian Baru

Jihad itu Sebenarnya Apa Sih?