Evakuasi Korban KMP Rafelia 2, Penyelam Pecahkan Kaca Kapal

Semua koraban terjebak di bagian dek atas kapal

, BERITA , NUSANTARA

Sabtu, 05 Mar 2016 15:26 WIB

Author

Hermawan Arifianto

Evakuasi Korban KMP Rafelia 2, Penyelam Pecahkan Kaca Kapal

Tim SAR Gabungan evakuasi korban KMP Rafelia 2 (Foto: Hermawan)

KBR, Banyuwangi - Sebanyak empat korban Kapal Motor Penumpang (KMP) Rafelia 2 yang tenggelam di Selat Bali telah ditemukan, Sabtu siang (5/3/2016). Keempat korban terdiri atas 2 pria, 1 perempuan dan satu balita yang diketahui berjenis kelamin laki- laki.

Korban yang ditemukan tersebut, diduga bernama Agus Tia asal Karawang, Ela Masruroh asal Banyuwangi, bersama anaknya Muhammad Ramalan yang berusia 18 bulan dan  Puji Purwanto yang diduga mualim kapal.

Direktur Operasional dan Latihan Basarnas Ivan Ahmad mengatakan, seluruh jenazah korban ditemukan di dalam ruangan kapal. “Ada empat korban yang didapatkan dalam keadaan meninggal dunia, yang jelas sudah ada empat yang didapatkan salah satunya anak kecil," jelas Ivan Ahmad di Banyuwangi, Sabtu (5/3/2016).

Ivan melanjutkan, untuk mengeluarkan korban dari dalam kapal, para penyelam harus memecahkan kaca dan dek kapal. Ini lantaran semua koraban terjebak di bagian dek atas kapal. "Jadi ini informasi dari para rescuer di sana, mereka harus memecah semua kaca yang ada di kapal, kemudian akan masuk. Kedalamannya cukup dalam, 40 meter sampai 50 meter,” jelasnya.

Posisi KMP Rafelia 2, menurut Ivan, kini ada di kedalaman  sekitar 30-40 meter. Dengan ditemukannya 4 korban tersebut, hingga saat ini masih ada 1 korban yang masih dalam pencarian.

Kata dia, Tim Gabungan yang terdiri atas Basarnas, TNI Angkatan Laut, Polisi Air Banyuwangi  akan terus melakukan  pencarian sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), yaitu selama 7 hari pencarian.

Pada Jumat (04/03/2016) Kapal Motor Penumpang  Rafelia 2 tenggelam di perairan Selat Bali. Kapal yang mengakut puluhan kendaraan roda empat dan truk pengangkut barang ini diduga tenggelam karena kebocoran pada lambung kapal. Kapal Motor Rafelina 2 tenggalam sekitar 500 meter  dari Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi pada pukul 13.20 WIB.

(Nurika Manan)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Eps.6: Kuliah di Perancis, Cerita dari Dhafi Iskandar

Insiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarkat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak