HEADLINE

Dianggap Promosi LGBT, Program Asia Calling KBR di Smart FM Ditegur Kemenkominfo

Dianggap Promosi LGBT, Program Asia Calling KBR di Smart FM Ditegur Kemenkominfo

KBR, Jakarta - Lantaran dianggap menyebarkan dan mempromosikan LGBT, program feature radio KBR-Asia Calling dihentikan siarannya. Informasi ini diperoleh dari sumber KBR.

KBR pun mencoba mengkonfirmasi kepada pihak Smart FM, namun hingga berita ini diturunkan, tak ada jawaban telepon maupun pesan pendek. Tapi, berdasarkan balasan surat elektronik yang dikirim KBR, pihak Smart FM membenarkan teguran dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tersebut. Itu sebab, untuk sementara waktu pihaknya akan menghentikan feature tersebut.


Asia Calling merupakan salah satu program di bawah naungan KBR yang memproduksi feature-feature dari negara-negara di Asia dan mengulas tentang isu HAM, perempuan, dan LGBT. Feature Asia Calling disiarkan di Nepal, Timor Leste, Malaysia, Filipina, Afghanistan, hingga Australia dan radio komuitas di Amerika.  Di Indonesia, feature Asia Calling juga diputar di 248 radio termasuk Smart FM.


Sebelumnya, dalam pertemuan antara Komisi Penyiaran DPR dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat pada 3 Maret silam, ada sejumlah kesimpulan yang disetujui. Satu di antaranya, mendesak Kominfo menutup situs yang mempromosikan dan mempropagandakan konten LGBT dan membuat regulasi untuk hal tersebut.


Poin lain, mendukung langkah KPI Pusat untuk memperketat pengawasan konten terkait LGBT di lembaga penyiaran serta memberikan sanksi tegas terhadap pelanggaran penayangan konten LGBT. 


Catatan redaksi:
Karena ada keberatan penyebutan nama dari narasumber, maka artikel ini memperbarui artikel sebelumnya tanpa mengubah isi berita.

Feature Asia Calling bisa disimak di laman berikut ini.

  • LGBT
  • Toleransi
  • asia calling kbr

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!