HEADLINE

JK: Munculnya ISIS Tanggung Jawab Negara Barat

JK: Munculnya ISIS Tanggung Jawab Negara Barat

KBR, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut negara-negara Barat harus bertanggung jawab dengan munculnya kelompok militan ISIS. 

Dia mengatakan  munculnya kelompok militan itu salah satunya disebabkan oleh banyaknya bantuan dari negara-negara Barat berupa senjata di Timur Tengah saat terjadinya pemberontakan di sana. 

Kata dia, munculnya ISIS ini sama dengan munculnya kelompok militan Al Qaeda di Afghanistan. Saat itu kelompok mujahidin di Afghanistan dibantu negara-negara barat untuk mengusir penjajahan Uni Soviet. 

"Sama dengan Al Qaeda dilatih oleh CIA kan. (Jadi bapak menyebut negara-negara Barat terlibat ?) Tidak hanya terlibat mereka harus bertanggung jawab," ujar JK di Kemayoran, Senin (23/3/2015). 

Jusuf Kalla menambahkan munculnya ISIS juga diakibatkan adanya kepentingan ekonomi. Salah satunya kekayaan alam yang ada di Irak. Dia menyebutkan, saat ini kelompok ISIS merupakan kelompok teroris yang paling kaya karena kekayaan alam berupa minyak dari Irak.

Editor: Antonius Eko  

  • Toleransi
  • ISIS
  • petatoleransi_06DKI Jakarta_biru

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!