HEADLINE

Anggota DPR Bakal Dapat Paspor Diplomatik

"Juga menikmati fasilitas di lounge Garuda Indonesia. "

Anggota DPR Bakal Dapat Paspor Diplomatik
Paspor diplomatik (ilustrasi)

KBR, Jakarta- Seluruh anggota DPR bakal mendapatkan fasilitas paspor diplomatik saat melakukan kunjungan kerja ke luar negeri.

Ketua DPR Setya Novanto mengatakan rencana penerbitan paspor diplomatik ini sudah dibahas oleh pimpinan DPR bersama Kementerian Luar Negeri. Tujuannya untuk menjalin komunikasi politik antar bangsa.

"Jadi kita harapkan sudah bukan paspor biasa tetapi kita harapkan sudah menjadi paspor hitam,” jelas Setya Novanto hari ini, Senin (23/3/2015).

“Paspor diplomatik ini tidak dapat digunakan untuk keperluan wisata dengan keluarga, dan keperluan pribadi lainnya. Biasanya yang menggunakan paspor diplomatik hanya Pimpinan DPR tetapi sekarang anggota dewan juga mendapat paspor diplomatik.”

Selain mendapat paspor diplomatik, anggota dewan juga dapat menggunakan lounge atau ruang tunggu maskapai penerbangan Garuda Indonesia dengan membawa kartu anggota dewan.

Meski begitu, Setya Novanto memastikan kalau perjalanan dinas ke luar negeri bagi para anggota dewan tetap memakai tiket kelas ekonomi. Nantinya setiap anggota dewan akan memiliki protokoler di masing-masing lounge Garuda untuk memfasilitasi keperluan mereka.

Paspor diplomatik ini akan terbit dalam waktu dekat.

Editor: Citra Dyah Prastuti  

  • DPR
  • Fasilitas anggota dewan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!