Pengungsi asal Afghanistan Demo Kantor UNHCR

Pengungsi asal Afghanistan meminta segera ditempatkan ke negara lain.

BERITA | NASIONAL

Senin, 06 Feb 2017 13:31 WIB

Author

Ade Irmansyah

Pengungsi asal Afghanistan Demo Kantor UNHCR

Pengungsi pencari suaka asal Afghanistan berunjukrasa di depan kantor United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR), Jakarta, Senin (6/2). (Foto: Antara)


KBR, Jakarta- Puluhan orang pengungsi atau pencari suaka dari Afghanistan mendatangi Kantor Organisasi PBB untuk urusan Pengungsi (UNHCR) di Kebon Sirih, Jakarta. Mereka mendesak UNHCR   segera mengurus administrasi kepindahan mereka dari Indonesia ke tempat pengungsian baru di suatu negara yang dianggap lebih aman.

Salah seorang peserta aksi, Ali Khan mengatakan kebanyakan dari mereka sudah menunggu kepastian pengurusan administrasi resettlemen tersebut lebih dari 3 tahun tanpa kejelasan di Indonesia. Kata dia, UNHCR di Jakarta memperlakukan mereka dengan sangat diskriminasi. Pasalnya, pengurusan resettlemen bagi pengungsi yang sudah berkeluarga berjalan dengan cepat.

Sedangkan yang masih singgel masih disuruh menunggu hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Kata dia, di Indonesia mereka tidak bisa melakukan aktivitas secara normal. Mereka mengaku kesulitan mencari pekerjaan secara layak di Indonesia.

Mereka mengancam bakal menduduki gedung UNHCR kembali apabila tuntutan mereka tidak dipenuhi segera. Hingga berita ini diturunkan, masih belum ada konfirmasi apapun dari pihak UNHCR di Indonesia terkait tuntutan mereka. 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

DPR Desak Menteri BUMN Evaluasi Total BUMN

Perempuan dan Anak Dalam Pusaran Terorisme