HEADLINE

Temui Jokowi, PM Hungaria Bawa Puluhan Pengusaha

"Kunjungan PM Vikrot Orban membahas kerja sama ekonomi, energi, perdagangan, pariwisata, dan energi terbarukan"

Ade Irmansyah

Temui Jokowi, PM Hungaria Bawa Puluhan Pengusaha
Presiden Jokowi dan PM Hungaria Viktor Orban saat menyampaikan keterangan pers bersama di Istana Merdeka, Jakarta (1/2). (Foto: Setkab/Rahmat)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo  menerima   kunjungan Perdana Menteri Hungaria, Viktor Orban. Kata dia, kedatangan Perdana Menteri Hungaria ini membahas kerja sama ekonomi, energi, perdagangan, pariwisata, dan energi terbarukan.

Jokowi mencontohkan salah satunya kerja sama pembuatan proyek penyediaan sumber air di 34 kecamatan di seluruh Indonesia dan investasi energi tenaga surya salah satu perusahaan Hongaria di Tapanuli Tengah. Kata dia, dalam lawatannya ini, perdana menteri Hungaria membawa hampir separuh kabinetnya dan 50 orang pengusaha.

"Baru saja terjadi pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Orban. Ada beberapa hal dibahas dan akan segera dikerjasamakan. Yang pertama di bidang pengelolaan air kerja sama yang sudah dirintis di antaranya proyek pengelolaan air di 34 kecamatan di seluruh Indonesia," ujar Presiden Joko Widodo  kepada wartawan pasca pertemuan di Istana Negara, Senin (01/02/2016). 

Jokowi melanjutkan, "kemudian kerja sama di bidang energi terbarukan. Indonesia menyambut baik investasi di Tapanuli Tengah, juga dibidang IT dan digital ekonomi. Tadi juga dibahas mengenai kerjasama di bidang IT sistem dan bidang pertanian."

Presiden Joko Widodo menambahkan, pertemuan bilateral dengan Hungaria menjadi suatu hal yang penting bagi Indonesia. Pasalnya kata dia, Keadaan geografis Hungaria yang berada di Eropa Tengah sangat strategis untuk perkembangan perdagangan komoditas Indonesia. Dia berharap, pertamuan kali ini menjadi momen kelanjutan perbaikan kerja sama kedua negara. 

Editor: Rony Sitanggang

  • Perdana Menteri Hungaria
  • Viktor Orban
  • presiden joko widodo
  • kerjasama investasi
  • eropa tengah
  • energi terbarukan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!