HEADLINE

Presiden Perintahkan Menteri Kendalikan Penuh Anggaran

"Menurut Jokowi, selama ini banyak terjadi pembagian anggaran di pos-pos struktural kementerian/lembaga yang tidak jelas dasarnya sehingga tidak memberikan hasil optimal."

Presiden Perintahkan Menteri Kendalikan Penuh Anggaran
Presiden Jokowi memimpin sidang kabinet di Istana Negara , Jakarta (10/2) Rabu sore. (Foto: Setkab/Deni)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo menginstruksikan perubahan pengelolaan anggaran dalam kementerian dan lembaga. Kata dia, menteri seharusnya memegang kendali penuh atas perencanaan anggaran.

Menurut Jokowi, selama ini banyak terjadi pembagian anggaran di pos-pos struktural  kementerian/lembaga yang tidak jelas dasarnya sehingga tidak memberikan hasil optimal.

"Saya ingin agar betul-betul ada sebuah perubahan total. Artinya menteri itu betul-betul mengendalikan anggarannya, dan tidak diberikan kepada bawahan, baik dirjen, direktur," kata Presiden Joko Widodo  ketika membuka sidang kabinet paripurna, di Istana Negara, (10/2). 

Jokowi melanjutkan, "artinya arah itu dipegang penuh oleh menteri. Sehingga dirjen, direktur ke bawah itu hanya memberikan rincian."

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Sofyan Djalil siap menindaklanjuti instruksi ini. Kata dia, pihaknya bakal berkoordinasi dengan kementerian/lembaga agar mampu merancang program dan anggaran yang jelas manfaatnya. Menurutnya, pihaknya bakal mengevaluasi dan memangkas program-program yang tidak optimal.


"Kita akan koordinasi dengan semua K/L, K/L itu akan mengusulkan program, kemudian harus jawab pertanyaan-pertanyaan," kata Sofyan Djalil 


Editor: Rony Sitanggang

  • presiden joko widodo
  • sofyan djalil
  • anggaran kementerian/lembaga

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!