Bagikan:

Darmin: Penurunan Bunga Terasa Bulan Depan

"Di akhir tahun kita akan mewujudkan lending rate 9 persen. "

BERITA | NASIONAL

Selasa, 23 Feb 2016 17:54 WIB

Author

Dian Kurniati

Darmin:  Penurunan Bunga  Terasa Bulan Depan

Menko Perekonomian Darmin Nasution (Foto: KBR/Jay Setkab)

KBR, Jakarta– Pemerintah berjanji penurunan suku bunga mulai terasa bulan depan. Menteri Koordinator Pekerkonomian Darmin Nasution mengatakan, saat ini pemerintah terus mengupayakan agar suku bunga itu segera turun.

Darmin berujar, pemerintah menargetkan suku bunga dasar kredit turun sampai 9 persen.

“Memang diminta agar dikoordinasikan di kantor menko. Kita akan kerjakan dan saya berjanji sebulan dari sekarang dia akan bergerak. Artinya dari sini ke sebulan itu persiapan sudah semua langkah-langkahnya, setelah sebulan dia akan jalan,” kata Menteri Koordinator Pekerkonomian Darmin Nasution  di kantornya, Selasa (23/02/16). 

Darmin melanjutkan, "dan di akhir tahun kita akan mewujudkan lending rate 9 persen. Bukan karena diatur. Jangan salah."

Darmin mengatakan, pemerintah lebih memilih menekan penyebab peningkatan suku bunga ketimbang menekan bunga secara langsung. Dia mencontohkan, strategi pemerintah misalnya dengan terus mengusahakan bunga deposito untuk perusahaan turun dari yang sebelumnya di kisaran 13 persen menjadi 9 persen. Penurunan bunga deposito itu juga akan mendorong penurunan cost of fund.

Saat ini, pemerintah tengah mengupayakan nilai inflasi Indonesia tidak lebih dari 4 persen. Pemerintah telah menyiapkan skema penekanan inflasi itu dengan melibatkan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan. Salah satu strategi yang sudah dan akan terus didorong adalah menurunkan suku bunga acuan BI atau BI rate.


 

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Ikhtiar Sorgum untuk Substitusi Gandum

Most Popular / Trending