Bagikan:

Puluhan Sungai di Surakarta Tercemar Limbah dan Sampah

KBR68H, Surakarta - Puluhan sungai di kota Surakarta tercemar limbah dan sampah.

NUSANTARA

Jumat, 01 Feb 2013 09:17 WIB

Puluhan Sungai di Surakarta Tercemar Limbah dan Sampah

sungai, limbah

KBR68H, Surakarta - Puluhan sungai di kota Surakarta tercemar limbah dan sampah. Juru bicara Badan Lingkungan Hidup Pemkot Surakarta, Sultan Najamuddin, mengakui sungai yang ada di kota Surakarta tercemar limbah dan sampah. Bahkan kadar limbah jauh melampaui baku mutu atau ambang batas kadar yang ditetapkan pemerintah. Menurut Sultan, mayoritas pencemaran sungai di kota Surakarta disebabkan limbah industri.

"Jadi sungai yang ada di Solo, melintas di kota Surakarta ini, itu yang kita ukur dan teliti..hasil uji laborat kemarin, semua sungai-sungai di Solo itu umumnya sudah tercemar..melampaui baku mutu khususnya untuk kadar COD dan BOD, juga kadar krom nya melebihi ambang batas..10 kali lipat kadar pencemarannya..itu bukan hanya tahun ini, data kita sejak 5 tahun lalu kondisi sungai juga sudah parah begini..penyebabnya ada 2 yaitu limbah rumah tangga misalnya sampah, kemudian limbah industri juga. Di Solo kan banyak industri batik sejak dulu jaman Mataram..jumlahnya mencapai ratusan industri batik..mereka membuang limbah masih ke sungai,"kata Najamudin.

Setiap tahun, Pemkot Surakarta melakukan penelitian kadar baku mutu air sungai di Solo. Rata-rata ada 6-8 sungai yang diteliti dan setiap sungai diteliti kadar limbah dalam air sungai mulai di bagian hulu, tengah, dan hilir. Puluhan sungai yang mengalir di kota Surakarta hampir didominasi anak sungai Bengawan Solo. 

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Bokek Bikin Stres?

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8