HEADLINE

Vaksin Booster, Laporcovid19 Terima Puluhan Laporan Penyelewengan

Vaksin dosis booster untuk relawan di Graha Wana Bhakti Yasa, Yogyakarta, Selasa (30/11/2021). (Anta

KBR, Jakarta-  Koalisi masyarakat Laporcovid19 mencatat selama 2021 menerima 71 laporan soal penyimpangan program vaksinasi Covid-19.
Relawan Laporcovid-19 Amanda Tan menyebut dari 71 laporan tersebut, 33 laporan merupakan penyelewengan vaksin dosis ketiga atau booster.

"Penyelewengan terus terjadi setelah bulan September kami menerima lagi laporan pada bulan Oktober, November, Desember. Dan ini terjadi karena ada pengawasan yang lemah di lapangan dan juga berujung pada minimnya tindak lanjut oleh kementerian lembaga terkait. Semua laporan yang kami dapatkan, kami teruskan ke pengajuan Itjen Kemenkes tapi hasilnya tidak ada," kata Amanda dalam konferensi pers, Selasa (4/1/2022).

Amanda memaparkan, laporan pemberian vaksin booster kepada nonnakes pada Agustus dan September yakni pemberian vaksin dosis ketiga di Mabes Polri dan guru besar PTN nonnakes di Surabaya.

Kemudian di bulan Desember, laporcovid-19 menerima laporan penyalahgunaan vaksin booster yang diberikan kepada pejabat utama Polda Metro Jaya dan pihak-pihak yang memiliki kedekatan dengan pejabat tertentu.

Amanda menyebut, dari seluruh masalah penyalahgunaan vaksin, 27 laporan di antaranya melibatkan pejabat, petugas nakes dan pemda setempat.

Untuk itu, Laporcovid19 memberikan rekomendasi kepada pemerintah agar melakukan investigasi dan menindak tegas kelompok pejabat/petugas yang terbukti melakukan penyimpangan dan penyalahgunaan vaksin Covid-19.

Baca juga:

- Epidemiolog: Semua Efikasi Vaksin Covid-19 Menurun Hingga 50 Persen

- Pemerintah Matangkan Skenario dan Skema "Booster" Vaksin Covid-19

Sebelumnya pemerintah berencana mulai melakukan vaksinasi dosis ketiga atau booster pada 12 Januari mendatang. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan target vaksinasi dosis ketiga ada 21 juta orang.   Sasarannya sesuai anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yaitu berusia di atas 18 tahun. Booster hanya diberikan kepada 200-an daerah yang sudah memenuhi vaksinasi lengkap 60 persen.

 

Editor: Rony Sitanggang

  • booster vaksin
  • Laporcovid19
  • penyalahgunaan vaksin

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!