HEADLINE

BPOM Dukung Pengembangan dan Kemandirian Vaksin Nasional

"Vaksin Merah-Putih akan siap digunakan pada pertengahan tahun nanti."

Astri Yuanasari

Pengembangan dan Kemandirian Vaksin Nasional
Kepala Badan POM RI Penny K Lukito saat menyampaikan dukungannya terhadap kemandirian vaksin nasional. (Foto: Tangkapan layar Youtube BPOM RI)

KBR, Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terus memberikan pendampingan dan dukungan untuk kemandirian vaksin Covid-19 di dalam negeri.

Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan, diantaranya adalah proses pengembangan vaksin Merah Putih oleh tim peneliti Universitas Airlangga (Unair). Penny mengatakan, saat ini vaksin Merah Putih sudah selesai menjalani uji praklinik, dan sedang diproduksi di PT Biotis Pharmaceutical Indonesia, untuk segera dilakukan uji klinik.

Penny menyebut, vaksin Merah-Putih akan siap digunakan pada pertengahan tahun nanti.

"Saat ini sudah memenuhi persyaratan tersebut sedang diproduksi vaksin untuk clinical lab untuk uji klinik, diharapkan bulan Februari awal uji klinik untuk vaksin merah-putih Unair dan PT Biotis bisa berlangsung awal Februari dengan kira-kira bulan, targetnya adalah mudah-mudahan semuanya berjalan dengan baik uji kliniknya yang akan dimulai bulan Februari, vaksin merah putih bulan Juni bisa mendapatkan emergency use authorization," kata Penny dalam keterangan pers, Senin (10/1/2022).

Penny menjelaskan, Badan POM mengawal penuh percepatan persiapan fasilitas pembuatan vaksin COVID-19 di PT Biotis Pharmaceutical Indonesia yang dikembangkan oleh Tim Peneliti Vaksin Merah Putih Unair. Persiapan tersebut dilakukan secara bertahap, dimulai dari fasilitas fill and finish dan secara paralel mempersiapkan fasilitas upstream/downstream.

Pendampingan Badan POM kepada PT Biotis dalam hal ini adalah terkait penyiapan desain fasilitas, visitasi untuk melihat gap assessment, asistensi, desk consultation, pelaksanaan inspeksi dan penyelesaian perbaikan/Corrective and Preventive Action (CAPA) untuk mendapatkan sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB).

Baca juga:

Vaksin Booster, BPOM Beri Izin Lima Produk

Pemerintah Matangkan Skenario dan Skema "Booster" Vaksin Covid-19

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) untuk 5 jenis vaksin sebagai booster atau dosis lanjutan vaksin Covid-19. Untuk sementara 5 vaksin Covid-19 yang akan digunakan sebagai booster adalah dari CoronaVax, Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Zifivax.

Editor: Fadli Gaper

  • Vaksin Merah Putih
  • BPOM
  • Booster
  • Penny K Lukito

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!