Pemerintah Akan Beri Santunan Pembangunan Bagi Korban Gempa Sulbar

Jokowi berharap dengan bantuan tersebut pembangunan bisa segera dilakukan, agar perekonomian bisa kembali berjalan.

BERITA | NASIONAL

Selasa, 19 Jan 2021 13:15 WIB

Author

Dwi Reinjani, Resky Novianto

Pemerintah Akan Beri Santunan Pembangunan Bagi Korban Gempa Sulbar

Presiden Joko Widodo (kanan) menyapa pengungsi gempa bumi di Stadion Manakarra, Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa (19/1/2021). (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo meninjau Kantor Gubernur Sulawesi Barat di Mamuju untuk memantau kerusakan dan kerugian yang ditimbulkan gempa pada beberapa hari lalu. Dalam kunjungan itu, presiden meminta jajarannya untuk melakukan pendataan terhadap fasilitas umum dan rumah penduduk yang rusak. Ia memastikan pemerintah pusat akan membantu pendanaan perbaikan bangunan yang rusak akibat gempa.

“Dan untuk tadi sudah saya sampaikan ke gubernur untuk gedung gedung pemerintah yang roboh setelah di edit nanti segera pemerintah pusat akan membangun kembali kemudian untuk rumah penduduk yang roboh pemerintah akan membantu untuk yang rusak berat 50 juta untuk yang rusak sedang 25 juta dan untuk yang rusak ringan berarti yang retak-retak 10 juta.” Ujar Jokowi, saat kunjungan ke Mamuju, Selasa (19/01/2021).

Jokowi berharap dengan bantuan tersebut pembangunan bisa segera dilakukan, agar perekonomian bisa kembali berjalan.

Dalam kunjungan ini, Presiden Jokowi yang didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono juga menjanjikan sejumlah bantuan bagi masyarakat.

"Saya datang untuk memastikan bahwa proses evakuasi, proses bantuan kepada masyarakat, kemudian logistik pengungsi dan juga tenda-tenda pengungsi. Saya juga telah sampaikan kepada Pak Gubernur (Sulbar), untuk bangun kembali (Kantor Gubernur), kemudian (membangun) rumah penduduk," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan pemerintah akan memberikan bantuan Rp50 juta bagi rumah warga yang rusak berat, Rp25 juta yang rusak sedang, dan Rp10 juta untuk rusak ringan. Jokowi berharap, bantuan dari pemerintah pusat, dapat menjadi modal pembangunan rumah warga yang roboh dan sekaligus pemulihan ekonomi, serta pelayanan pemerintahan dapat kembali normal. Jokowi juga menyampaikan duka cita mendalam, atas korban meninggal dalam peristiwa gempa bumi di Sulbar.

Sebelumnya gempa yang mengguncang Sulawesi Barat telah memakan korban jiwa sebanyak 84 orang, 697 luka ringan, 253 luka berat dan 19 ribu lebih penduduk harus mengungsi karena rumah mereka roboh.

Editor: Friska Kalia

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Melimpah Limbah Medis

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11