Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin Siapkan Pertanyaan Soal HAM untuk Prabowo-Sandi

Pertanyaan tersebut, kata dia, saat ini tengah disusun Tim TKN.

BERITA , NASIONAL

Senin, 07 Jan 2019 21:34 WIB

Author

Heru Haetami, Farid Hidayat

Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin Siapkan Pertanyaan Soal HAM untuk Prabowo-Sandi

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Arsul Sani. (Foto: DPR.go.id)

KBR, Jakarta- Pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin bakal mengajukan pertanyaan soal kasus Hak Asasi Manusia (HAM) kepada pasangan nomor urut 02: Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, pada debat capres perdana 17 Januari 2019.

Namun, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf Amin, Arsul Sani enggan membocorkan pertanyaan soal apa yang akan diajukan. Pertanyaan tersebut, kata dia, saat ini tengah disusun Tim TKN. 

"Itu namanya kalau saya sampaikan sekarang, bocoran dong. Kita enggak perlu bocorkan sekarang lah. Tapi kemungkinan itu ada," kata Arsul Sani di Gedung DPR Jakarta, Senin (07/01/2019).

Arsul juga mengatakan Tim TKN paslon nomor urut 01 itu tengah mempersiapkan bahan pertanyaan yang fokus mengenai hukum, HAM, dan pemberantasan korupsi.

"Kami sedang mempersiapkan secara internal, tim debat, konten, dan program kami saat ini sedang mendiskusikan, karena sisa beberapa beberapa tentu belum kami finalkan," kata Arsul.

Sebelumnya, pada 19 Desember 2018 lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyusun jadwal debat pemilihan presiden 2019. Rencana tersebut disusun bersama dengan kedua tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden. 

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, debat akan dilaksanakan pada 17 Januari, 17 Februari, 17 Maret, 30 Maret. Sementara untuk jadwal debat terakhir masih belum ditentukan. Ini lantaran KPU masih menunggu jadwal para pasangan calon pada April ini. Namun, KPU memberi opsi pada 10 atau 13 April 2019.

"Hanya debat kelima yang belum ditentukan jadwalnya. Tempat sudah disepakati akan dilaksanakan di Jakarta," kata Ketua KPU RI Arief Budiman di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (19/12/2018).

Arief menjelaskan, bahwa tema, urutan, dan jadwal debat sudah disepakati masing-masing pasangan calon. Debat pertama akan diikuti dua pasangan pasangan capres-cawapres. Kedua, debat akan dilakukan antar calon presiden. Ketiga, antar calon wakil presiden. Debat keempat, antar calon presiden, dan yang terakhir antar pasangan capres-cawapres. 

"Sudah ditentukan tema masing-masing sesi debat. Untuk debat pertama temanya mengenai hukum, HAM, korupsi, terorisme," terangnya.

Pada debat kedua akan membahas tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. Ketiga akan membahas pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya. Keempat, soal ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional. Kemudian, pada debat kelima ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, perdagangan dan industri.

Editor: Sindu Dharmawan

 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Mahkamah Konstitusi Gelar Sidang Perdana, Perselisihan Hasil Pemilu

10 Tahun UU Narkotika: Seperti Apa Implementasinya?

Sidang Perdana Sengketa Pemilu

Cek Fakta: Misleading Content KPU Panik

What's Up Indonesia