HEADLINE

Ratusan Warga Jombang Demo Tolak Tambang Ilegal

Ratusan Warga Jombang Demo Tolak Tambang Ilegal

KBR, Jombang- Ratusan warga Dusun Karangasem, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang, Jawa Timur, berunjuk rasa di Balai Desa setempat. Mereka menolak keberadaan lokasi tambang galian C yang lokasinya di tengah permukiman warga.

Selain diduga tidak berizin, warga menilai tambang tanah uruk itu juga berpotensi rawan longsor. Bahkan, akibat aktivitas tambang tersebut, Jalan Desa sepanjang dua kilometer lebih rusak parah karena kerap dilalui truk milik penambang.


Salah satu pendemo, Sucipto, mengatakan, kedatangan warga ke Balai Desa untuk meminta pertanggung jawaban Kepala Desa, yang diduga telah bermain mata dengan   pengusaha tambang, tanpa ada musyawarah dengan warga setempat. Sehingga aktivitas pertambangan berjalan mulus meski mendapat penolakan dari warga terdampak.


“Galian C di wilayah Karangasem sudah sejak adanya Tol mulai 2009 sampai sekarang. Tapi masyarakat diam karena itu jauh dari permukiman. Sekarangpun sudah masuk ke wilayah pemukiman, itupun jarak dari pemukiman tidak ada sekitar 150 meter”, kata Sucipto, Rabu sore (20/01/16).


Menurut Sucipto,  warga  tidak mendapat kompensasi apapun dari pengusaha tambang. Hanya saja, mereka diberi uang bleduk (debu) dampak dari lalu lalang truk pengangkut tanah uruk yang melalui kampung setempat. Besarnya bervariatif, antara Rp. 100-150 ribu per Kepala Keluarga. Kata dia, Itupun tidak merata dan hanya diterima sekali selama kegiatan galian berjalan.


Sementara, di hadapan  warga, Kepala Desa Karangdagangan, Jamal, mennyatakan tidak pernah mengeluarkan izin terkait aktivitas galian C di Desanya. Dia juga tidak mengetahui jika hingga saat ini aktivitas pertambangan terus berjalan meski tidak mengantongi izin.

Warga yang kesal, mengancam akan menutup paksa lokasi galian C, jika pemilik tambang tidak menutup usahanya sampai mengantongi izin dari Kepolisian maupun Pemerintah.

Editor: Rony Sitanggang

  • demo tolak tambang
  • Kepala Desa Karangdagangan
  • Jamal
  • pendemo
  • Sucipto
  • Dusun Karangasem
  • Kecamatan Bandar Kedungmulyo
  • Jombang
  • Jawa Timur

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!