HEADLINE

Pemerintah Tidak Akan Moratorium Eksekusi Hukuman Mati

" Kementerian Hukum dan Ham masih berkordinasi dengan Kejaksaan Agung sebagai pelaksana eksekusi."

Hermawan Arifianto

Pemerintah  Tidak Akan Moratorium  Eksekusi Hukuman Mati
Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan saat memberian arahan pada acara seminar bahaya narkotika dan terorisme di Pondok Pesantren Darussalam Blok Agung Banyuwangi Jawa Timur, Senin (11/01/2016). (Foto:

KBR, Banyuwangi- Pemerintah akan melanjutkan eksekusi hukuman mati pada tahun ini. Menteri Kordinator Politik, Hukum dan HAM RI, Luhut Binsar Panjaitan menjelaskan, pemerintah belum berencana melakukan moratorium atau penghentian eksekusi hukuman mati.

Pemerintah kata Luhut, sempat menunda eksekusi hukuman mati kepada sejumlah narapidana karena masih fokus menyelesaikan persoalan ekonomi.

Meski begitu, kata Luhut, belum bisa dipastikan waktu pelaksanaan untuk eksekusi. Kementerian Hukum dan Ham, katanya, masih berkordinasi dengan Kejaksaan Agung sebagai pelaksana eksekusi.


“Kita lihat nanti. Seperti yang kita pernah sampaikan kita ingin tidak bikin sinetron. Jadi kalau memang harus dieksekusi tahun ini tadi saya dengan pak Budi Waseso kita lihat waktunya. Mungkin nanti Jaksa Agung yang dikordinasikan tapi kita tidak ingin ribut- ribut. Biar aja kalau sudah waktunya kita lakukan. Tidak pernah ada moratorium,” kata Luhut Binsar Panjaitan (11/1/2016).

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Budi Waseso mengatakan, pelaksanaan hukuman mati di Indonesia justru tidak tegas.  Tidak maksimalnya penegakan hukuman mati mengakibatkan Indonesia menjadi negara terbesar penyalahgunaan narkoba di ASEAN. 

Jumlah pemakai narkoba meningkat dari 4,2 juta jiwa pada Juni 2015 menjadi 5,9 juta jiwa pada November 2015. Bahkan narkoba merenggut nyawa 30-40 orang tiap harinya.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung menganggarkan dana untuk eksekusi hukuman mati dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2016. Sebanyak 14 orang yang telah mendapat putusan tetap   direncanakan segera dieksekusi.  

Rencana itu menuai kecaman dari sejumlah organisasi hak asasi manusia dari dalam dan luar negeri. Mereka mendesak pemerintah melakukan moratorium hukuman mati.


Editor: Rony Sitanggang

  • hukuman mati
  • Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukham) Luhut Pandjaitan
  • Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Budi Waseso
  • moratorium hukuman mati
  • hak asasi manusia

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!