Bagikan:

Karhutla, Walhi Jambi Siapkan Gugatan Terhadap 18 Perusahaan

Gugatan siap dilakukan pada bulan depan

BERITA | NASIONAL

Jumat, 22 Jan 2016 16:53 WIB

Karhutla, Walhi Jambi Siapkan Gugatan Terhadap 18 Perusahaan

Karhutla di lahan sawit di Jambi (Foto: KBR/Andi I.)

KBR, Jakarta- Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Jambi akan menggugat 18 perusahaan yang mengakibatkan kebakaran hutan lahan di 20 Desa pada 5 Kabupate. Direktur Eksekutif WALHI Jambi, Musri Nauli, mengatakan, saat ini masih dalam tahap pengumpulan data dan diperkirakan rampung pada bulan Februari.

"Yang pertama itu perusahaan harus dinyatakan ia bertanggung jawab atas izin dia. Kemudian perusahaan dibebani dalam undang-undang lingkungan hidup (LH) untuk melakukan pemulihan area yang terbakar," ujar Direktur Eksekutif WALHI Jambi, Musri Nauli  di Sekretariat Nasional WALHI, Jumat (22/01). 

Musri melanjutkan, "dan kompensasi yang dibebankan itu sudah diatur dalam undang-undang LH beserta komponen-komponennya."

Data Walhi Jambi menyebut luas lahan terbakar tahun 2015 sekitar 135 ribu hektar. Sepuluh persen lahan yang terbakar merupakan lahan gambut. Berdasarkan analisi data dan fakta kebakaran hutan dan lahan WALHI menemukan hampir 3 ribu (2.842) titik api di Jambi.


Editor: Rony Sitanggang

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Aturan Jilbab Sekolah Negeri, Lampu Kuning Arah Pendidikan

Most Popular / Trending