HEADLINE

Gubernur Bali: Jangan Terlena dengan Status Pulau Terbaik Dunia

"Majalah pariwisata internasional Travel+Leisure baru saja menobatkan Pulau Bali sebagai pulau wisata terbaik pertama tingkat Asia, dan pulau wisata terbaik kedua tingkat dunia untuk tahun 2015."

Yulius Martony

Gubernur Bali: Jangan Terlena dengan Status Pulau Terbaik Dunia
Pura Tanah Lot, salah satu destinasi wisata terkenal di Bali. (Foto: bpad-bali.pnri.go.id)

KBR, Bali - Pulau Bali baru saja dinobatkan sebagai salah satu pulau terbaik di Asia bahkan dunia.


Majalah pariwisata internasional ternama terbitan Amerika Serikat, Travel+Leisure baru saja menobatkan Pulau Bali sebagai pulau wisata terbaik pertama tingkat Asia, dan pulau wisata terbaik kedua tingkat dunia untuk tahun 2015. Di tingkat Asia, pulau Bali bahkan mengalahkan kepulauan atol Maladewa dan Pulau Tasmania Australia.


Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengapresiasi penghargaan itu. Namun ia meminta agar para pelaku pariwisata di Bali tidak terlena dengan penghargaan itu.


Mangku Pastika mengatakan masih banyak permasalahan di pulau Bali yang harus diselesaikan seperti persoalan sampah, kemacetan dan keamanan.


Ia berharap ke depan pariwisata di Bali meningkat ke arah pariwisata berkualitas, dan tidak hanya bertumpu pada banyaknya wisatawan yang datang ke Bali.


"Tidak boleh terlena, harus ikut bertanggung jawab terhadap gelar itu dengan menjaga adat istiadat, alam, lingkungan kita, seni budaya supaya tetap baik, menarik dan kalau bisa lebih menarik lagi," kata Made Mangku Pastika, Selasa (5/1).


Pastika mengatakan saat ini banyak wisatawan yang ke Bali dalam kelompok besar yang dinilai kurang memberikan pendapatan daerah tinggi. Selain itu, kata Pastika, banyaknya wisatawan backpacker (wisatawan ransel/wisatawan hemat) juga dinilai rawan menularkan penyakit seperti HIV / AIDS.


Pulau Bali sudah menjadi langganan mendapatkan penghargaan dari Travel+Leuser sejak 2013. Apalagi, tahun ini pemerintah terus meningkatkan promosi wisata dengan tagline "Wonderful Indonesia" melalui media internasional.


Berikut peringkat pulau terbaik dunia 2015 versi Majalah Travel+Leisure:


  1. Pulau Galápagos, Equador (skor: 90,82)

  2. Bali, Indonesia (skor: 88,98)

  3. Maladewa (skor: 88,53)

  4. Tasmania, Australia (skor: 88,32)

  5. Santorini, Yunani (skor: 87,93)

  6. Moorea, French Polynesia (skor: 87,90)

  7. Maui, Hawaii (skor: 87,89)

  8. Kauai, Hawaii (skor: 87,88)

  9. Great Barrier Reef, Australia (skor: 87,31)

  10. Malta (skor: 86,90)


Editor: Agus Luqman

 

  • Bali
  • pariwisata
  • pulau terbaik
  • destinasi wisata
  • Wonderful Indonesia
  • Made Mangku Pastika

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!