HEADLINE

2016-01-23T19:14:00.000Z

Ganjar: Pengikut Gafatar dari Jateng 200 Orang

"Pemprov masih terus mendata para pengikut Gafatar"

Ganjar: Pengikut Gafatar dari Jateng 200 Orang
Logo Gafatar

KBR, Solo- Gubernur Jawa tengah, Ganjar Pranowo memperkirakan pengikut Gafatar dari wilayahnya mencapai lebih dari 200 orang. Bahkan Ganjar memprediksi, jumlah tersebut akan terus bertambah. Saat ini ujarnya, pemrov masih terus mendata warganya yang menjadi pengikut Gafatar.

"Ini pengikut Gafatar masih terus kita data. Belum ada jumlah yang pasti. Yang dipulangkan dari Kalimantan aja ada lebih dari 200 orang. Kita perkirakan akan terus bertambah apalagi kalau ada warga yang tidak mengaku. Semua kita data identitas, asal daerah, respon keluarga, apakah bersedia menerima mereka kembali ke masyarakat?" ujarnya, Jumat (01/23)

"Mereka kan beralasan seluruh aset atau hartanya di Jawa sudah dijual untuk ke Kalimantan. Nah ini juga yang perlu kita pertimbangkan. Saya minta masyarakat pengikut Gafatar untuk jujur, apalagi saat ini pemerintah siap menyediakan fasilitas penampungan sementara. Mereka harus berubah! Ideologi atau agama ke yang sesuai aturan,” tutupnya.

Lebih dari 1500 pengikut Gafatar yang berada di Kalimantan dipulangkan ke daerah asal, mayoritas berasal dari Pulau Jawa. Mereka ada yang dipulangkan dengan armada pesawat terbang hingga kapal laut. 

Ada tiga titik lokasi pemulangan yaitu Jakarta, Solo, dan Surabaya. Pemrov Jateng menyiapkan asrama haji Donohudan Boyolali sebagai lokasi penampungan sementara ratusan pengikut Gafatar tersebut sebelum dipulangkan ke daerah asalnya. 

Editor: Dimas Rizky

  • gafatar
  • #gafatar
  • Ganjar Pranowo
  • solo
  • berita
  • petatoleransi_09Jawa Tengah_biru

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!