Bukan Islam, Gafatar Tolak Fatwa Sesat MUI

"Kami menyatakan sikap telah keluar dari keyakinan dan paham keagamaan Islam mainstream di Indonesia."

BERITA | NASIONAL

Selasa, 26 Jan 2016 17:23 WIB

Author

Bambang Hari

Bukan Islam, Gafatar Tolak Fatwa Sesat MUI

Ketua Umum Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar), Mahful Tumanurung (tengah) saat menggelar konferensi pers di kantor YLBHI, Jakarta. (Foto: KBR/Bambang H.)

KBR, Jakarta- Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar),   menolak dianggap sesat.  Sebab Ketua Umum Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar), Mahful Tumanurung menganggap, Gafatar tidak memiliki paham yang sama dengan Islam.

Kata dia, bila Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa sesat kepada Gafatar sebagai  salah alamat.

"Kami menyatakan sikap telah keluar dari keyakinan dan paham keagamaan Islam mainstream di Indonesia. Dan tetap berpegang teguh pada paham Millah Abraham sebagai jalan kebenaran Tuhan seperti yang telah diikuti dan diajarkan oleh para nabi dan rasul Allah SWT," kata Ketua Umum Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar), Mahful Tumanurung, Selasa (26/01/2016). 

Mahful melanjutkan, "untuk itu, bukan pada tempatnya apabila Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa sesat kepada kami, atau Gafatar sebagai ormas."

Sebelumnya, Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia, Din Syamsuddin menyatakan Gafatar menyebarkan ajaran menyimpang, terutama dari agama Islam. Cap sebagai aliran sesat itu dialamatkan lantaran para pengikut Gafatar dituduh tidak menjalankan ibadah layaknya agama Islam pada umumnya, seperti puasa dan shalat lima waktu.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18